21 Game VR Terbaik untuk Android Maupun PC

21 Game VR Terbaik untuk Android Maupun PC

5159
0
SHARE

Perkembangan dunia Virtual Reality dewasa ini amat sangat mengagumkan. Mulai dari hardware-nya hingga software-nya.

Baca >>> Virtual Reality dan Kegunaannya

Tak terkecuali di dunia game. Anda pasti menemui banyak sekali judul-judul game yang berbasis virtual reality baik untuk android maupun PC. Dan mungkin anda kesulitan dalam memilih mana game yang akan anda mainkan, bukan?.

Baca >>> Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas


Nah, berikut mimin akan sajikan beberapa game VR Mobile maupun PC yang bisa anda jadikan pertimbangan.

1. Elite: Dangerous (Multiplatform)

Jika anda pecinta game “masa depan”, Elite:Dangerous merupakan pilihan terbaik menurut mimin. Game ini mengajak kita untuk masuk kedunia super teknologi masa depan dengan konflik yang beraneka ragam. Serta dengan virtual reality akan semakin memanjakan pengalaman anda bermain game ini. Ingin mencobanya?

2. Keep Talking and Nobody Explodes (Multiplatform)

Dikembangkan oleh Steal Crate Games, Keep Talking and Nobody Explodes merupakan sebuah game dimana diperlukan kerjasama antara 2 hingga 6 orang dalam satu team untuk menjinakkan sebuah bom dengan petunjuk-petunjuk yang sedikit memerlukan analisa.

Keep Talking and Nobody Explodes membutuhkan kerjasama yang intens agar bisa berhasil melalui setiap levelnya. Untuk memainkan game ini, mimin sarankan untuk memakai Samsung Gear VR atau Oculus Ritf dengan tambahan kontroller.

3. Job Simulator (Multiplatform)

Game ini bagi mimin cukup unik. Kalau anak-anak anda pernah bermain game “ice cream” atau game-game sejenis yang mengisyaratkan pemainnya membuat sebuah es krim dengan langkah-langkah yang sudah diatur. Nah Job Simulator hampir mirip dengan permainan tersebut, namun dikemas dengan permainan yang sedikit rumit dan bercita rasa dewasa.

4. Surgeon Simulator 2013 (Multiplatform)

Hampir mirip dengan Job Simulator, Surgeon Simulator 2013 mengajak kita untuk mendapatkan pengalaman dalam melakukan pembedahan. Apabila anda ingin mencobanya, game ini support dengan Oculus Rift atau anda bisa mencobanya di Steam.

5. Euro Truck Simulator 2 (Multiplatform)

Anda pernah ingin menjalankan sebuah truk besar dengan 18 roda?. Mimpi anda akan menjadi kenyataan jika anda mencoba Euro Truck Simulator 2. Di versi keduanya, anda akan dimanjakan dengan fitur-fitur seperti anda bisa menoleh kebelakang, anda bisa melihat keluar jendela yang sebelumnya belum ada di versi perdananya. Dengan pengalaman seperti itu, anda akan lebih merasakan menyetir sebuah truk besar secara real.

6. Minecraft VR (Multiplatform)

Sering main game dengan visual kotak-kotak ini? Minecraft yang terkenal dengan kebebasan dan keunikannya memang memperbolehkan para pemainnya membuat bangunan apapun sesuai dengan imajinasi yang mereka dambakan.

Anda penggemar game Minecraft?. Berarti anda wajib mencoba Minecraft di dunia virtual reality.

7. Hover Junkers (Multiplatform)

Sebuah game bergenre tembak-tembakan yang bercerita tentang bumi yang kehabisan sumber air. Sehingga setiap manusia berlomba untuk mendapatkan air agar bisa bertahan hidup.

Dengan teknologi virtual reality, anda akan dimanjakan sebuah game tembak-tembakan secara lebih nyata. Dan jika anda mau, anda bisa menembak kepala anda sendiri. 😀

8. Eve: Valkyrie (Multiplatform)

Bagi anda yang suka dengan game pesawat tempur, anda wajib mencoba game ini. Mimin jamin anda bakal ketagihan untuk memainkannya. Amat real dan mempunyai grafik yang luar biasa.

Eve:Valkyrie merupakan game dengan paltform luar angkasa yang begitu dramatik. Anda diwajibkan untuk bertempur dengan pesawat super canggih.

9. Pool Nation VR (HTC Vive exclusive)

Yup bagi penggemar permainan bilyard, sekarang anda tidak perlu keluar rumah atau pergi ketempat bilyard tertentu untuk bermain bilyard dengan teman-teman anda.

Berterima kasihlah pada HTC Vive yang telah mengembangkan game Poll Nation VR ini. Anda tidak hanya dimanjakan dengan permainan bilyardnya, namun anda juga bisa mengeksplorasi bar yang menjadi venue tempat anda bermain bilyard secara virtual.

10. Alien Isolation (Oculus Rift exclusive)

Mencoba menyamai ataupun melebihi sukses film ber-genre alien, Oculus Rift mengembangkan sebuah game dengan genre alien ini. Anda ingin mencobanya?lihat dulu trailer berikut ini

11. Assetto Corsa (Oculus Rift exclusive)

Game balapan yang satu ini, akan memberikan pengalaman menakjubkan. Anda akan merasa berada di sebuah mobil balap design anda sendiri dan anda akan merasakan lingkungan balap yang amat nyata.

12. Dear Esther (Oculus Rift exclusive)

Dear Esther merupakan sebuah game eksplorasi. Dimana anda dituntut untuk mengitari sebuah pulau kecil di Skotlandia. Anda ditempatkan pada sebuah lorong gua yang begitu dalam. Sungguh merupakan pengalaman bermain game yang begitu sensasional.

13. Half-Life 2 (Oculus Rift exclusive)

Apabila anda penggemar game besutan Valve, anda pasti sudah tau permainan tembak-menembak ini. Ya..Half-Life 2 kini hadir dengan fitur virtual reality yang bisa anda mainkan dengan memakain headset Oculus Rift maupun HTC Vive.

14. Shufflepuck Cantina Deluxe VR (Oculus Rift Exclusive)

Anda sering bermain ke Timezone?. Ya pastinya kalau anda sering atau pernah ke Timezone, anda pasti tahu permainan Speed Hockey. Permainan yang dimainkan oleh dua orang saling melawan untuk memasukkan bola ceper ke lubang lawan masing-masing.

Shufflepuck Cantina Deluxe memberikan anda pengalaman bermain disebuah cafe/bar yang berisi alien dan robot. Disana anda berperan sebagai astronot dan bermain Speed Hockey melawan robot ataupun alien.

15. Dying Light (Oculus Rift exclusive)

Dying Light membawakan anda pengalaman masuk ke dunia zombie. Anda akan menjadi seperti Andrew Lincoln di sereal The Walking Dead. Bersiap-siaplah untuk merasakan gigitan zombie. cmiw

16. Subnautica (Oculus Rift exclusive)

Walaupun dukungan VR masih terbatas, namun sensasi permainannya masih terasa. Subnautica  membawa anda pada petualangan bertahan hidup disebuah Ocean World. Keahlian anda untuk crafting equipment sangat dibutuhkan di game ini.

Anda akan bertemu dengan spesies-spesies baru nan aneh di dalam game ini. Sebuah pengalaman yang cukup memanjakan imajinasi kita tentunya.

17. Lucky’s Tale (Oculus Rift exclusive)

Game ini merupakan bentuk permainan yang mengadaptasi Mario Bros dengan karakter utama seekor rubah (Crash Bandicoot). Anda diajak berpetualang untuk mencari jalan finish dengan menghindari rintangan-rintangan yang ada. Dengan memakai headset virtual reality memungkinkan anda untuk melihat venue sekeliling dengan hanya menggerakkan kepala anda.

18. ADR1FT (Oculus Rift exclusive)

ADR1FT adalah game dengan genre luar angkasa, dimana anda diharuskan bertahan hidup dengan batas oksigen yang rendah. Untuk membuatnya lebih menarik, anda juga diharuskan untuk menyelesaikan teka-teki agar anda bisa menyelesaikan permainannya.

19. The Climb (Oculus Rift exclusive)

Anda ingin mencoba menjadi seorang climber?. Cobalah game ini!!Anda akan dibuat takjub dengan fitur virtual reality-nya. Game besutan Crytek ini memungkinkan anda mencoba sensasi mendaki beberapa gunung atau tebing yang (mungkin) anda tidak dapat pergi kesana.

20. Everest VR (HTC Vive exclusive)

Hampir sama dengan The Climb, Everest VR merupakan game simulasi climbing. Lebih fokus lagi sebuah pendakian di gunung Everest.

21. Shooting Showdown 2 (Gear VR exclusive)

Bisa jadi Shooting Showdown adalah game bergenre tembak-tembakan pertama yang dibuat VR. Anda dapat memilih sebuah room entah itu outdoor ataupun indoor dengan target berbagai macam sesuai pilihan anda, bisa sebuah keramik, balon, dan etc. Untuk menembak sasarannya, anda bisa mengarahkan dengan kepala anda serta ketika mau menembak, anda perlu kontroller eksternal. Lebih menariknya anda bisa membanding high-score anda dengan pemain lain.

Itulah 21 Game VR Terbaik untuk Android Maupun PC menurut mimin yang patut anda coba. Apabila ada game yang menarik menurut anda namun belum masuk list mimin, bisa dong ditulis di kolom komentar.

Baca >>> Cara Mudah Mengetahui Smartphone Support dengan Headset VR atau tidak

Baca >>> Daftar Smartphone Yang Support VR (Virtual Reality)