Akhirnya Facebook Merilis “Facebook Space” Media Sosial Berbasis VR

Akhirnya Facebook Merilis “Facebook Space” Media Sosial Berbasis VR

42
0
SHARE
Facebook Space

Akhirnya Facebook Merilis “Facebook Space” Media Sosial Berbasis VR

Terjawab sudah alasan Facebook membeli Oculus beberapa waktu lalu dimana pada tanggal 20 April 2017 kemarin akhirnya facebook resmi mengeluarkan sebuah media sosial berbasis Virtual Reality ( VR ).

Memang pada saat Facebook pertama kali mengumumkan membeli Oculus, banyak pihak mempertanyakan keputusan itu. Pasalnya bagaimana mungkin sebuah layanan media sosial dapat memanfaatkan teknologi virtual reality ini.

Facebook Space
Facebook Space memungkinkan pengguna wefie dengan temannya memakai avatar

 

Facebook Space beta diperkenalkan pada suatu konferensi di gedung F8 San Jose ( kabar dari TheVerge ). Untuk saat ini layanan media sosial berbasis virtual reality milik facebook ini hanya dapat dinikmati oleh pengguna Oculus Rift ( perangkat virtual reality beserta controller ).

Dengan menggunakan Facebook Space, pengguna tak lagi berkomunikasi melalui chatting atau video call. Lebih dari itu, nantinya pengguna dapat berinteraksi pada sebuah tempat ( maksimal 4 orang ) menggunakan avatar dirinya serta berkomunikasi melalui percakapan biasa ( layaknya bertemu orang tersebut secara langsung )

Bahkan 4 orang yang tergabung pada suatu tempat tersebut tidak hanya dapat mengobrol saja, mereka juga dapat menggambar, menonton video, hingga berfoto bersama menggunakan avatar mereka.

Dilansir dari Tech Crunch, Kamis (20/4/2017), layanan media sosial berbasis VR milik facebook ini memungkinkan pengguna Oculus terhubung dengan akun Facebooknya dan mendapatkan pengalaman memakai media sosial dengan cara berbeda.

Saat ini, sesuai yang mimin info kan di atas bahwa layanan ini untuk saat ini hanya tersedia untuk pengguna Oculus Rift saja, tetapi menurut penuturan dari Product Manager Facebook yang bernama Mike Booth pihaknya berkeinginan agar kedepannya layanan ini dapat dinikmati atau bisa tersedia pada platform VR lain.

Cuma, dapat dipastikan bahwa layanan ini tidak dapat dinikmati oleh platfor VR Mobile. Pasalnya spesifikasi dari VR Dekstop dan VR Mobile amat jauh berbeda.
Baca : Kategori Virtual Reality

Booth berpendapat bahwa Facebook Space hanya lah awal dari langkah facebook dalam memanfaatkan teknologi virtual reality pada layanan media sosialnya.

Sekedar informasi tambahan, Virtual Reality termasuk dalam roadmap 10 tahun facebook dalam investasinya. Tak tanggung- tanggung nilai investasi pada teknologi ini menurut CEO facebook Mark Zuckerberg cukup besar. Saat ini saja karyawan facebook yang bekerja penuh pada bidang VR mencapai 30 orang. Namun jumlah tersebut dipastikan akan terus bertambah mengingat kemajuan teknologi virtual reality yang secara bertahap.