Akhirnya Vimeo Mengikuti Jejak Youtube Sajikan Konten Video 360

Akhirnya Vimeo Mengikuti Jejak Youtube Sajikan Konten Video 360

18
0
SHARE

VR Mania seperti yang kita ketahui bersama bahwa mulai dari tahun 2014 ketika Google mengenalkan Cardboardnya hingga saat ini dimana berbagai macam kacamata VR telah muncul di pasaran dari berbagai pengembang/pabrikan membuat Youtube pada tahun 2015 menghadirkan fitur video 360° yang notabene salah satu dari konten Virtual Reality. Nah, pada awal tahun 2017 ini penyedia konten video lain yaitu Vimeo mengikuti jejak youtube dalam menyajikan konten video 360°.

Memang bisa dibilang cukup terlambat sih, namun patut kita apresiasi langkah dari Vimeo ini. Karena konten yang dihadirkan cukup beragam juga.

Sekedar informasi tambahan, video 360° memungkinkan anda menonton sebuah video dengan sudut pandang orang pertama. Maksudnya anda seolah-olah berada pada scene video 360° tersebut sehingga anda bisa melihat tempat pada scene tersebut secara 360°. Hanya dengan menoleh ke kanan, kiri, bawah, memutar anda akan dibawa se olah-olah berada pada tempat pada video tersebut.

Nah, konten 360° ini di platform youtube telah banyak ditemui dan dimanfaatkan oleh berbagai bidang mulai dari wisata, musik, film, hingga bisnis. Salah satunya adalah video dari JKT48 berikut ini

Selain Youtube, ada platform penyedia video lain yaitu Vimeo. Seperti pepatah bilang “lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali” akhirnya hari ini Vimeo mengikuti jejak Youtube.

Vimeo adalah situs layanan berbagi video yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, berbagi, dan menonton video. Vimeo diciptakan oleh Jake Lodwick dan Zach Klein pada November 2004 di New York.

Vimeo seperti yang dikutip dari TheVerge (08/03/2017) mulai hari ini Vimeo telah menyediakan konten video 360°.

Vimeo Mengikuti Jejak Youtube
Platform Video Vimeo

“Vimeo selalu berkomitmen untuk melestarikan serta memberikan kualitas video yang high level untuk kenyamanan pengguna, dan saat ini kami ingin memperluas teknologi baru dengan adanya video 360° pada platform kami” ucap Sara Poorsattar, direktur Vimeo untuk produk video.

Keunggulan dari Vimeo dibanding dengan platform lainnya ialah video-videonya pasti berkualitas high level hingga 4K dan tanpa adanya iklan yang biasanya mengganggu kenyamanan pengguna.

Keunggulan lain dari Vimeo adalah Vimeo mengklaim, video 360° yang ada pada Vimeo bisa dilihat dengan menggunakan berbagai kacamata VR tanpa perlu langkah-langkah yang rumit.

Beberapa kacamata VR yang saat ini menjadi unggulan ialah

Dan masih banyak lagi Kacamata VR yang dapat kita pakai dalam menikmati konten video 360° baik pada Youtube maupun Vimeo.