ANDA INGIN BISA BERBICARA DIMUKA PUBLIK? BERIKUT VR APPS YANG AKAN MEMBANTUMU

    2355
    0
    SHARE

    Menurut sejumlah penelitian di dunia, berbicara di depan publik merupakan salah satu phobia yang umum di derita oleh sebagian besar manusia. Saat ini, virtual reality menyediakan “low-stress way” untuk mengatasi rasa takut ini serta untuk meningkatkan kemampuan berbicara.

    Hal ini juga dapat membantu perusahaan yang bergerak dalam pelatihan publik speaking serta dalam hal pengobatan orang-orang yang terlalu takut berbicara di depan publik.
    Berikut 4 aplikasi VR yang dapat membantu anda :

    1. Virtual Orator
    Virtual Human Teknologi dari Republik Ceko baru saja merilis Virtual Orator, sebuah aplikasi yang membantu pengguna berlatih berbicara di depan umum di depan audiens maya menggunakan Oculus Rift atau HTC Vive headset.

    Users dapat memilih target audiens yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pelatihan mereka. Hal ini dapat membantu pemula dan profesional meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum mereka, Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pebisnis di bidang pelatihan public speaking dan terapis yang membantu kliennya mengatasi fobia berbicara dimuka umum mereka. Perusahaan juga bahkan dapat menyesuaikan tempat virtual tertentu untuk menyerupai tempat tertentu.

    Saat ini virtual orator memiliki 6 tempat venue disertai 12 layout yang berbeda-beda, ditambah pengaturan/konfigurasi pencahayaan dan penempatan podium. Dan aplikasi ini akan terus dikembangkan seefektif mungkin untuk membantu anda.

    Venue terbesar saat ini dapat menampung 125 orang virtual, tetapi perusahaan berencana untuk meningkatkannya lagi. Perusahaan aplikasi ini juga akan mengumumkan fungsi pointer laser baru untuk HTC Vive kontroler bersama dengan perbaikan fungsi perekaman.

    Perusahaan juga berniat untuk menambah kemampuan reaksi penonton seperti memicu perilaku penonton seperti tidur atau batuk, atau tantangan seperti proyektor mogok. Fitur lain termasuk fungsi tempat pembuatan di mana pengguna dapat membuat tempat mereka sendiri. Pengguna juga akan dapat menilai kinerja mereka dalam pelatihan.

    Perusahaan berfokus pada high-end headset virtual reality daripada mobile-based viewers seperti Gear VR dan Google Cardboard untuk mengurangi motion sickness. Karena Merasa mual, pusing ringan, atau gejala ringan lainnya bisa sangat merusak dalam pelatihan berbicara di depan umum.

    2. Speech Center VR

    speechcentervr-1-638
    Speech Center VR dari Cerevrum Inc gratis untuk Gear VR, dengan iOS, Android, dan versi Oculus Rift diharapkan akan segera rampung. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbicara dalam lingkungan sosial, pendidikan, dan masyarakat.

    Simulasi yang dihadirkan mencakup jobs interview, resepsi koktail, dinner di restoran, pembuatan thesis, persiapan kuliah untuk tutor dan dosen, praktek bahasa asing, pidato pernikahan, pitches investor, dan persiapan saksi ahli dalam persidangan.

    Dan ada lagi yang akan datang, akan ada beberapa fitur yang direncanakan meliputi ruang konferensi pers, paviliun pernikahan, dan latihan interaktif berbicara di depan umum.
    Aplikasi ini juga berencana akan menambahkan fitur atau kemampuan bagi pengguna untuk berbagi presentasi mereka secara online, untuk berlatih dengan pelatih pidato profesional,dan untuk mengundang orang untuk mendengarkan presentasi mereka.

    3. BeFearless
    Samsung BeFearless merupakan aplikasi VR yang diluncurkan tahun lalu untuk membantu individu berlatih berbicara di depan umum dengan menggunakan headset Gear VR. Aplikasi BeFearless bawaan Samsung ini bekerja seperti aplikasi Virtual Orator dengan mensimulasikan berbagai jenis penonton, dan pengguna dapat berlatih berbicara dan presentasi, tetapi dengan biaya yang jauh lebih murah.

    Perangkat lunak ini sendiri berdasarkan penelitian dari Rumah Sakit Severance Gangnam Yonsei University di Korea Selatan menunjukkan bahwa virtual reality melatih rasa takut dan kecemasan berbicara di depan umum hingga 90 persen.

    Samsung sendiri juga melakukan serangkaian tes, dan peserta uji mampu meningkatkan berbicara dan kemampuan presentasi publik mereka.

    Aplikasi ini menawarkan pilihan tiga skenario pelatihan dan situasi umum – lingkungan sekolah, suasana kantor, dan pertemuan bisnis. Aplikasi ini juga mencakup tes yang yang mengarah ke tingkat yang lebih jauh lagi.

    Aplikasi ini juga kompatibel dengan Gear Manager untuk Samsung Gear S smartwatch, yang dapat digunakan untuk mengukur denyut jantung untuk membuat evaluasi yang lebih akurat.

    4. Publick Speaking VR
    Aplikasi Public Speaking VR dari Virtual Speech ini gratis untuk Android, iOS dan Gear VR. Lingkungan virtual mencakup ruang rapat kecil dan aula besar dengan kapasitas 400 lebih penonton animasi. Pengguna juga dapat memilih pemirsa di berbagai daerah seperti Amerika Serikat dan Inggris dan meng-upload slide presentasi mereka sendiri.

    Aplikasi ini juga akan dikembangkan dengan menambahkan fitur 3600 FOV, serta job interview. Di aplikasi ini, pengguna juga dapat menyesuaikan jumlah dari penonton, dan dapat mengaktifkan sendiri friendly voice ataupun unfriendly voice.