Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas

Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas

10117
0
SHARE

Sebelum mimin membahas tentang hal mendasar dari artikel mimin yang baru ini. Yuk kita nostalgia flashback sebentar anak-anak tahun 90’an. Ya khususnya kita flashback tentang perkembangan teknologi ya dari tahun 90’an sampai saat ini. Wa bil khususi (khususnya lagi) perkembangan Handphone sampai Smartphone

Secara singkat saja ya, pada awal mula mimin kenal sama yang namanya handphone atau telepon genggam yaitu antara tahun 2000an (tahun milenium). Hehehe jauh banget ya sama penemuan handphone pertama yaitu antara tahun 1973an. Kalau cerita sejarahnya sih ditemuin sama bapak Martin Cooper and Team. Pengen tau lebih dalam?? Baca disini aja ya…

Mimin ini kenal sama handphone ketika duduk di bangku SMP, itupun cuma liat aja punya temen (miris banget ya  ). Singkat cerita mimin pertama tau handphone itu kayak uleg-uleg (semacam alat untuk memasak..hehehe) dengan bunyinya yang tuit tuit aja trus berkembang pesat lah sampai sekarang yang hanya dengan disentuh aja udah bisa dijalankan.

Nah sekarang saatnya mimin membahas sedikit tentang perkembangan teknologi “dunia maya”. Mungkin sebagian besar orang sudah tau ya apa itu AR dan VR??atau juga mungkin sebagian besar orang belum tau itu??. Yuk kita bahas sedikit mulai dari pengertiannya dulu. Apa sih AR dan VR itu?

Secara pengertian AR (Augmented Reality) Menurut Ronald T. Azuma (1997) adalah penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.Tujuan augmented reality adalah untuk menambahkan informasi dan arti kepada sebuah objek atau ruang yang nyata.

Kalau mimin ngartiin sih simple augmented reality adalah usaha untuk menambahkan komponen dunia virtual ke dalam dunia nyata. Dan contoh konkretnya itu kalau kita main pokemon go di smartphone kita yang support dengan AR.

Kalau Virtual Reality (VR) atau Realitas Maya adalah teknologi yang dibuat sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Hal ini jelas terlihat perbedaannya dengan Augmented Reality (AR) atau Realitas Tertambah. Dalam VR seseorang akan merasa berada dalam dunia semu dan membuat panca indra pengguna merasa terlibat dalam dunia tersebut sedangkan dalam AR, pengguna benar-benar berada di dunia nyata hanya saja ada sisipan (tambahan) benda virtual secara real time.
Penggunaan VR Prajurit AS belajar memakai parasut

Ada tiga poin penting dalam VR. Pertama, lingkungan virtual adalah hasil grafis komputerisasi yang membutuhkan kinerja tinggi untuk menyediakan realisasi. Kedua, dunia maya harus bersifat interaktif sehingga seorang pengguna merasakan respon yang realtime dari sistem agar dapat berinteraksi dengan efektif. Poin terakhir adalah pengguna tenggelam dalam lingkunganvirtual dan memblokir seluruh pengaruh dunia ekxternal (dunia nyata) dengan pengaruh penuh dari komputer.

Augmented reality terletak di dekat ujung garis dunia nyata dengan menekankan persepsi yang mendominasi dunia nyata ditambah oleh data yang dihasilkan komputer. Augmented virtualitas adalah istilah yang diciptakan oleh Stanley Milgram untuk mengidentifikasi sistem yang sebagian besar sintetis dengan beberapa citra dunia nyata ditambah gambaran tekstur pemetaan ke objek virtual. Milgram mendefinisikan taksonomi untuk menampilkan Realitas Campuran.