Dengan Bantuan VR Pasien Sakit Parah Bisa “Pulang”

Dengan Bantuan VR Pasien Sakit Parah Bisa “Pulang”

34
0
SHARE

Dengan Bantuan VR Pasien Sakit Parah Bisa “Pulang”

Dewasa ini perkembangan sebuah teknologi amat pesat. Tak terkecuali perkembangan dari virtual reality. Bukan hanya teknologinya saja yang berkembang, kegunaannya pun semakin beragam dan bisa dikatakan dapat membantu kehidupan saat ini.

Baca : Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas

Yang terbaru adalah kisah berikut ini…

Seperti yang kita ketahui, pasien kanker (apalagi stadium tinggi) harus menjalani sebuah rangkaian pengobatan. Tak pelak pengobatan tersebut amat membebani seorang pasien. Dan tidak jarang juga pasien harus jauh meninggalkan rumah tanpa melupakan perjuangannya melawan penyakit dengan obat-obatan yang efek sampingnya pun tak kalah keras.

Kisah berikut merupakan kisah nyata dari seorang penderita kanker di Inggris yang bernama Souzan Aprahamian yang akrab disapa Suzy. Suzy oleh dokter sudah didiagnosa kanker stadium akhir, ketika ditanya tim dokter Royal Trinity Hospice Suzy mempunyai satu keinginan yang cukup berat untuk dikabulkan oleh RS Royal Trinity. Keinginan tersebut ialah ia ingin melihat kampung halamannya di Yerussalem.

Mengingat kondisinya yang lemah, pihak RS amat kebingungan waktu itu bagaimana mengabulkan keinginan Suzy. Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama karena tim RS bekerja sama dengan Flix Flims dengan bantuan VR dapat mewujudkan keinginan Suzy.

Bantuan VR
Dengan bantuan VR Pasien Dapat “Pulang” ke Kampung Halaman

Dengan Bantuan VR, Suzy hanya perlu memakai kacamata VR yang telah terintegrasi dengan program yang menunjukkan kampung halamannya Yerussalem.

Baca : Virtual Reality dan Kegunaannya

“Kita di Yerussalem! kalian bisa melihat masjidnya seperti kalian berada di sana. Rasanya fantastis bisa jalan-jalan seperti ini,” komentar Suzy ketika pertama kali mencoba VR seperti dikutip dari BBC, Senin (3/4/2017).

“Ya Tuhan lihat semua bangunan tinggi ini… Hahaha ini sangat menyenangkan bagaimana kalian bisa membuatnya?” lanjut Suzy dengan wajah terlihat bahagia.

Itulah dua kalimat komentar yang terlontar dari Suzy yang terlihat amat takjub dan kaget ketika pertama kali memakai VR untuk bisa melihat kembali kampung halamannya.

RS Royal Trinity sendiri dengan pengalaman yang terjadi pada Suzy akan semakin meningkatkan pelayanannya terhadap pasien. RS Royal Trinity memang dikenal sebagai Rumah Sakit yang selalu melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanannya. Dan kedepan, salah satu inovasinya adalah menggunakan teknologi virtual reality untuk membahagiakan pasien – pasien yang mempunyai riwayat penyakit cukup berat.