Berbagai Macam Produk Headset VR Terbaik

Berbagai Macam Produk Headset VR Terbaik

247
0
SHARE

Dewasa ini banyak sekali macam-macam produk headset vr, mulai dari yang termurah hingga termahal dan mulai dari yang sederhana hingga yang rumit.

Jauh sebelum teknologi virtual reality berkembang pesat seperti ini, terdapat dua pabrikan yang mengembangkan virtual reality yaitu Oculus dan HTC.

Setelah Google mengenalkan cardboardnya memang virtual reality mengalami perkembangan yang amat pesat. Terhitung dari peluncurannya sampai sekarang banyak sekali vr box yang dikembangkan oleh berbagai pabrikan/industri ternama.

Tak terkecuali perkembangan tersebut sampai ke industri Cina. Terbukti dengan banyaknya headset vr yang merupakan produksi pabrikan Cina. Antara lain yang sekarang ini laris manis di Indonesia yaitu BOBOVR,FiiT VR, hingga Xiaomi Mi Play.

Baca Juga :

Nah, berikut beberapa Headset VR terbaik yang tidak perlu diuji lagi kualitasnya

Oculus Rift

oculus rift 2

Oculus Rift sendiri bisa dibilang sebagai pelopor headset virtual reality. Perangkat ini dihargai USD 600 atau sekitar Rp. 8 Juta-an. Oculus Rift bukan kategori headset mobile VR melainkan full VR headset yang tidak bisa dimainkan dengan smartphone.

Oculus Rift menurut mimin merupakan full headset VR terbaik yang sampai saat ini selalu mengembangkan produk-produknya. Salah satunya Oculus Kembangkan Headset VR Versi Murah.

Headset Virtual Reality ini dikembangkan oleh Facebook yang sebelumnya sudah mengakuisisi Oculus pada tahun sebelumnya. Saat ini kisaran harga dari Oculus Rift adalah sekitar 6,5 jutaan. Oculus Rift cocok untuk sobat yang memiliki game konsol Xbox One ataupun PC dengan spesifikasi yang high.

Baca juga :

HTC Vive

HTC-Vive

HTC Vive merupakan pesaing terdekat dari Oculus Rift. Meskipun HTC Vive bisa dibilang peniru dari Oculus Rift harganya malah lebih mahal selisih sekitar 2 Jutaan yaitu sekitar 8-10 jutaan.

Lalu apa yang membedakannya? perbedaan itu terlihat dari bundling aksesori atau kontroler di masing-masing perangkat. Bila Vive Consumer Edition hadir dengan sejumlah aksesori kontroler tambahan, seperti dua kontroler nirkabel, dua ‘base station’, link box — untuk tersambung dengan PC, dan sepasang earbud.

Sementara paket basis Rift hanya hadir dengan satu buah remote kontrol dan kontroler Xbox One. Bagaimana dengan kontroler Touch Rift? Tentu saja Anda harus merogoh kocek lagi untuk membeli perangkat tersebut.

Karenanya HTC virtual reality VP Dan O’Brien mengatakan ketimbang membeli perintilan, HTC sepakat untuk menggabungkan semuanya menjadi satu paket bundling. “Ini lebih menarik ketimbang membeli perintilan sedikit demi sedikit,” papar O’Brien.

Tak cukup sampai di situ, Vive hadir dengan satu fitur menarik, yakni perangkat yang dinamakan base station. Perangkat berbentuk kotak ini dilengkapi dengan sebuah sensor yang mampu memindai pergerakkan Anda di ruangan. Belum tahu seperti apa, namun tampaknya dengan base station tadi bermain virtual reality tak lagi berdiam diri di tempat.

HTC Vive dan Oculus Rift merupakan headset vr kategori full vr karena tidak dapat digunakan dengan mobile phone. Ada lagi yang tergolong full VR Headset, yaitu headset besutan Playstation yang diberi nama Playstation VR. Fungsinya sama persis dengan HTC Vive maupun Oculus Rift, namun lebih dikhususkan untuk digunakan dengan konsol game Playstation.

Berbeda dengan HTC Vive dan Oculus Rift, headset-headset dibawah berikut merupakan headset vr mobile. Dimana anda bisa menggunakan headset dengan perantara atau piranti sebuah mobile phone (smartphone). Headset-headset tersebut adalah sebagai berikut :

Xiaomi Mi Play

Xiaomi-VR-wide-700x325

Headset Xiaomi ini sangat ringan, hanya berbobot 7 ons. Jadi jika anda ingin menjelajah dunia virtual reality dengan waktu yang cukup lama, headset xiaomi ini tidak akan membuat anda merasa capek, ataupun pusing.

Cukup menyenangkan ketika tahu kalau headset Xiaomi bisa digunakan oleh orang berkacamata seperti mimin. Hehe
Soalnya mimin cukup kesulitan mencari headset VR yang bisa mimin gunakan dengan kacamata mimin.

Baca juga :

Deepoon V3
Deepon

Deepoon merupakan salah satu dari banyak merk headset vr yang mempunyai kualitas yang cukup mumpuni. Bahkan bisa jadi merupakan headset vr terbaik dikelasnya.

Baca juga :

BOBOVR Z4

bobovr-1

Sebelum muncul versi Z4 ini, BOBOVR pnya yang versi Z3. Kalau dari harga sih memang lebih mahal dari Z4 ini daripada versi yang sebelumnya. Tapi, bisa dibilang upgrade yang dilakukan juga cukup bagus.

Dari segi lensanya BOBOVR Z4 ini menggunakan lensa kualitas tinggi berukuran 35mm PMMA yang mana memiliki pandangan yang jelas dan tajam diseluruh lensanya. Lensa ini juga adjustable diopter maupun IPD dengan range antara 00 – 8000 miopi dan 00 – 4000 hyperopia, sehingga kamu tidak perlu memakai kacamata (apabila usernya berkacamata).

BOBOVR Z4 kalau boleh admin bilang, merupakan headset yang nyaman ketika digunakan. Soalnya walaupun beratnya hampir setengah kilo (yaitu 418gram) akan tetapi tidak terasa berat ketika dipakai karena disetiap sisi terdapat busa yang membuat headset lengket dengan kepala anda. Di headset ini juga mempunyai banyak lubang ventilasi yang memungkinkan udara masih bisa masuk dan memberikan kesejukan dalam menggunakannya. Untuk handling Hpnya juga cukup kuat sehingga anda tidak perlu khawatir HP anda jatuh.

Baca juga :

Baofeng Mojing

baofeng xd

VR Mania pasti sudah gak asing lagi sama yang namanya Baofeng. Yap, salah satu headset VR terbaik yang diproduksi pabrikan asal China. Saat ini beberapa produk dari baofeng antara lain baofeng mojing 3, baofeng mojing XD, baofeng mojing 4, dan baofeng mojing 4 for ios. Bahan yang nyaman serta kualitas yang cukup bagus membuat baofeng banyak digemari para penggemar vr.

Baca juga :

FiiT VR

fiit-vr

Ada dua andalan headset keluaran FiiT yang beredar saat ini, yaitu FiiT VR 2N dan updatenya yaitu FiiT VR 2S.

FiiT VR 2S tampak depan

Kedua headset tersebut menjadi primadona para vr mania, disamping kualitasnya yang amat bagus harganya pun cukup terjangkau.

Baca juga :

Nah, itulah beberapa vr headset mobile yang saat ini cukup laris di Indonesia. Merk seperti Xiaomi Mi Play, Deepoon V3, BOBOVR Z4, Baofeng, FiiT VR 2N, hingga FiiT VR 2S merupakan produk terlaris dari penjualan jakvr selama ini. Untuk membeli produk-produk tersebut anda bisa membelinya secara online di bukalapak.com atau di tokopedia. Sedangkan apabila anda berada di daerah jakarta khususnya daerah grogol anda bisa langsung ke Mall Ciputra Lantai 2 Blok U03, Letjen S.Parman, Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Disana anda bisa mencoba dahulu sebelum membeli salah satu headset vr berkualitas.