Cara Mudah Mengetahui Smartphone Support dengan Headset VR atau tidak

Cara Mudah Mengetahui Smartphone Support dengan Headset VR atau tidak

538
0
SHARE

Virtual reality adalah teknologi yang tengah digandrungi saat ini. Teknologi jenis ini biasa dijumpai pada smartphone yang telah mendukung sensor gyroscope. Ya, dengan bantuan perangkat VR atau Google Cardboard, kita bisa menikmati teknologi virtual reality.

Baca Juga>>>> Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas

Karena perkembangannya yang bisa dibilang “booming” ini pun VR banyak dimanfaatkan untuk aplikasi game ataupun video. Tak terkecuali pihak Youtube, sekarang ini banyak sekali video-video yang beredar di youtube yang merupakan video vr. Video tersebut kita kenal dengan nama video 360°. Nah, untuk game, khususnya game mobile saat ini sudah banyak bermunculan game-game vr di playstore. Namun tetap saja, untuk bisa menikmati itu semua, smartphone kita harus sudah support VR.

Nah, permasalahan yang sekarang dialami oleh orang awam adalah pengguna ponsel hanya sebagai user saja sehingga tidak memahami secara komplek spesifikasi dari ponsel yang mereka miliki. Sehingga implikasinya pengguna tidak tahu apakah ponselnya mendukung vr atau tidak. Ponsel yang mendukung vr haruslah mempunyai sensor gyroscope. Jika belum, berarti anda tidak bisa menikmati konten VR. Namun masih bisa menikmati konten video 2D/3D dengan memakai headset vr.

Dari permasalahan di atas, jangan sampai anda karena tertarik dengan vr setelah itu langsung membeli headset vr, namun ponsel yang anda miliki ternyata setelah dipakai tidak mendukung VR. Tentunya hal tersebut akan sangat mubazir dan merugikan. Oleh karena itu sebelum membeli headset VR, kita harus tahu terlebih dahulu spesifikasi atau hal kecilnya anda harus tahu ponsel anda mendukung sensor gyro atau tidak. Terus bagaimana cara mengetahui ponsel kita ada sensor gyro nya atau tidak?Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan

1.Langkah pertama download aplikasi EZE VR di Play Store
2.Setelah itu install aplikasi EZE VR yang telah didownload tadi di ponsel anda
3.Apabila sudah, langsung buka aplikasinya dan klik tombol Check
4.Tunggu beberapa saat, aplikasi akan mendeteksi apakah ponsel anda dilengkapi sensor gyro atau tidak
5.Apabila EZE VR mendeteksi keberadaan sensor gyro, maka nantinya akan muncul pesan “Fully Compatible” dimana anda dapat menggunakan ponsel anda untuk menjalankan konten VR
6.Namun jika muncul pesan “Not Compatible”, berarti ponsel anda tidak bisa digunakan untuk VR

Bagaimana, cukup simpel bukan??
Setelah tahu smartphone anda bisa digunakan untuk Headset VR, tentu headset VRnya belinya di jakvr.com saja..dijamin MURAH.