Compare BoboVR dan FiiT VR

Compare BoboVR dan FiiT VR [BoboVR Z4 Mini, FiiT 2N, dan FiiT 2S]

117
0
SHARE

Compare BoboVR dan FiiT VR [BoboVR Z4 Mini, FiiT 2N, dan FiiT 2S]

Halo VR Mania,
Kembali lagi sama mimin yang kece punya..
Pada kesempatan kali ini, mimin ingin memberikan informasi bagi agan-agan yang ingin membeli kacamata VR namun belum menemukan yang cocok ( istilahnya belum nemu jodoh ya ).

Dan pada artikel Compare BoboVR dan FiiT VR kali ini, mimin akan mengerucutkan pilihan pada kacamata VR terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Kebetulan kacamata VR terbaik yang ada saat ini diproduksi oleh perusahaan asal China yaitu Bobo dan FiiT dengan produk andalan mereka BoboVR Z4 Mini, FiiT VR 2N, dan produk terbaru dari FiiT yaitu FiiT VR 2S.

Compare BoboVR dan FiiT VR
3 Kacamata VR Terbaik [dari kiri ke kanan FiiT VR 2N, FiiT VR 2S, dan BoboVR Z4 Mini]
Perlu anda ketahui, ketiga kacamata VR terbaik ini tergolong kacamata yang non-build in headphone sehingga untuk suaranya anda memerlukan headphone ponsel anda. Tidak perlu khawatir juga ketika anda ingin mencharge ponsel anda bersamaan dengan saat anda menikmati VR dengan ponsel dan ketiga kacamata VR terbaik ini karena terdapat space yang cukup longgar untuk memasukkan kabel charger maupun kabel headphone anda.

Sebelum kita ke inti artikel yaitu Compare BoboVR dan FiiT VR [BoboVR Z4 Mini, FiiT 2N, dan FiiT 2S] alangkah baiknya anda membaca artikel – artikel berikut sebagai bahan informasi tambahan :

Sebagai bahan pembanding anda juga melihat spesifikasi ketiga kacamata VR terbaik ini pada tabel berikut :

Spesifikasi BOBOVR Z4 Mini FiiT VR 2N FiiT VR 2S
FOV (Field Of View) 120° 102° 102°
Adjustable Lens Yes Yes Yes
Lensa 35mm PMMA, Japan Quality desain aspheric, anti distorsi, diameter 40mm, pembesaran 5,2 kali desain aspheric, anti distorsi, diameter 40mm, pembesaran 5,2 kali
Bobot 330gram 263gram 239gram
Strap (Tali Pengikat) Dilengkapi dengan 3 Strap lembut Dilengkapi dengan 3 Strap lembut Dilengkapi dengan 3 Strap lembut
Fits Over Glasses No Yes Yes
Dual Mode No No Ready for Augmented Reality dan Virtual reality
Mendukung OS IOS, Android, Microsoft IOS, Android, Microsoft IOS, Android, Microsoft
Layar handphone 5.5-6.0inch 4.0-6.5 inch 4.0-6.5 inch
Kenyamanan (Angka dari 1-10 8 8 8
FacePlate Yes Yes Yes
Resleting No No No
Harga Rp300.000 Rp315.000 Rp315.000

Sebagai informasi saja, ketiga kacamata VR terbaik ini merupakan produk unggulan dari JakVR, dan yang banyak diminati oleh customer adalah BoboVR Z4.

Setelah anda baca review spesifikasi di atas, saatnya anda melanjutkan melihat video Compare BoboVR dan FIiT VR berikut :

Compare BoboVR dan FiiT VR [BoboVR Z4 Mini, FiiT 2N, dan FiiT 2S]

Pada video compare BoboVR dan FiiT VR di atas, sengaja Crew JakVR menyiapkan ketiga kacamata VR terbaik dengan warna yang sama yaitu White. Perlu anda ketahui untuk BoboVR Z4 telah tersedia warna yang lain yaitu full Black ( anda dapat melihat penampakannya pada artikel JakVR Kedatangan Barang Baru : BoboVR Z4 Black Special Edition.

Visual/Tampilan Luar Ketiga Kacamata VR Terbaik

BoboVR Z4 Mini
Compare BoboVR dan FiiT VR
Contoh Memasang Ponsel di BOBOVR Z4 Mini

Housing Bobo berada didepan dengan warna hitam serta ada logo dibagian tengah atas ( cukup elegan bukan ). Untuk membuka housingnya anda perlu menekan tutup bagian atas kacamata. Ketika housing dibuka, anda akan melihat perlengkapan untuk tempat ponselnya nanti seperti penyangga dan dudukan ponsel yang bisa diatur menyesuaikan besarnya ponsel anda.

Compare BoboVR dan FiiT VR
Tombol Roller untuk Adjustable Lens BoboVR Z4 Mini berada di bagian tengah atas kacamata

Untuk tombol roller yang berfungsi mengatur lensa berada pada bagian tengah atas kacamata sedangkan tombol roller untuk mengatur jarak dekat/jauhnya lensa berada pada bagian samping kacamata VR.

Kelebihan dari BoboVR Z4 Mini adalah terdapat tombol “ok” yang berfungsi ketika kita menggunakan ponsel untuk menikmati konten vr bisa dijadikan tombol untuk mengklik kursor yang berjalan pada layar ponsel ( misal ketika kita ingin “next” video kita bisa arahkan kursor ke tulisan atau gambar “next” lalu kita tekan tombol “ok” yang ada pada Kacamata VR.

Jadi kita tidak perlu repot untuk mengeluarkan ponsel kita untuk mengakomodasi keinginan kita dalam mengalihkan apa yang akan kita lakukan pada mode VR.

Kelemahan dari BoboVR Z4 Mini walau FOVnya besar yaitu 120° ( bisa dibilang signifikan ) yaitu ponsel yang kita pakai, mimin menyarankan ponsel yang harus kita pakai untuk menikmati konten VR dengan kacamata BoboVR Z4 Mini harus yang mempunyai layar 5,2 inch ke atas. Alasan utama adalah ketika kita menggunakan ponsel dengan layar 5,2 inch kebawah, ada celah yang mengganggu ( distorsi cahaya ) sehingga kenikmatan kita dalam melihat layar ponsel dengan kacamata BoboVR Z4 Mini ini terganggu adanya cahaya yang masuk pada celah tersebut. Dan satu lagi, ppi ponsel harus di atas 420.

Pada video di atas terbukti ketika Crew mencoba memakai Samsung S5 pada BoboVR Z4 Mini terdapat celah di atas ( padahal Samsung S5 ppinya sudah 400an dan layar amoled. Fakta juga mengatakan, banyak customer JakVR yang memaksa menggunakan BoboVR Z4 Mini dengan layar ponsel dibawah 5,2 inch serta ppi 300an hasilnya tidak sesuai harapan.

Saran, mungkin penggunaan ponsel yang ppinya sudah 420an serta layar sudah amoled HD ke atas, bisa menggunakan casing tambahan tapi jangan terlalu tebal juga casingnya supaya kacamata VR bisa ditutup. Atau bisa dengan kita menggeser ponsel sedikit ke atas sebelum menutup housing. Solusi kelemahan dari BoboVR ( kelemahan dalam penggunaan layar ponsel dibawah 5,2 inch ) hanya dua ini saja.

Kelebihan BoboVR Z4 Mini :

  1. Easy of use ( tombol-tombol adjustable amat mudah )
  2. Facepad dan headstrap nyaman dan ada penyerap keringatnya
  3. FOV besar 120°
  4. Lensa made in japan ( kualitas terjamin )

Kelemahan BoboVR Z4 Mini :

  1. Layar ponsel harus di atas 5,2 inch ( karena dibawah 5,2 inch ada celah dan cahaya bisa masuk )
  2. ppi ponsel harus di atas 400 ( kalau bisa di atas 420 ) agar hasil yang kita dapatkan optimal

Solusi kelemahan BoboVR Z4 Mini :

  1. harus menggunakan ponsel dengan layar 5,2 inch ke atas dan ppi 420an
  2. apabila memaksa untuk memakai ponsel dibawah 5,2 inch bisa dengan menggeser dahulu ke atas untuk menutupi celah, atau dengan menggunakan casing tambahan ( dengan catatan penambahan casing bisa membuat ponsel lebih cepat panas karena Bobo fentilasinya cukup sedikit hanya di samping dan di atas.
FiiT VR 2N

Compare BoboVR dan FiiT VR

Housing FiiT VR 2N cukup besar dan berada di depan, untuk membukanya kita perlu mengangkat sedikit bagian housing yang ada di atas kacamata.

Untuk facepad dan headstrapnya cukup nyaman namun masih standar, karena sedikit menyerap keringat.

Kompatibilitynya terhadap ukuran layar ponsel adalah yang nomor satu, karena dapat memuat ponsel dengan layar 4 hingga 6,5 inch. Salah satu Smartphone yang notabene punya kualitas lensa dan prosesor di atas rata-rata ialah Xiaomi Mi Max yang baru keluar Mei 2016. Sayangnya, layar yang dimiliki walaupun tergolong android dan bukan tablet cukup besar yaitu sekitar 6,44inch. Oleh karena itu apabila anda yang menggunakan Xiaomi Mi Max untuk menikmati konten virtual reality, pilihan Kacamata VR mobile yang paling tepat ialah FiiT VR 2N.

Compare BoboVR dan FiiT VR
Tampilan FiiT VR 2N beserta Dosbook dan isinya

Untuk mengatur kejernihan lensa, tombol roller terpisah antara lensa kanan dan kiri yang terletak dibawah bagian bawah kacamata.

Sedangkan untuk mengatur jarak jauh dekat lensa, bisa dibilang ini adalah kelemahan dari FiiT VR 2N karena belum ada tombol atau roller untuk mengaturnya. Lalu bagaimana mengaturnya? kita harus memutar lensa secara langsung. Akan tetapi tingkat jauh dekatnya lebih besar daripada BoboVR.

Ketika kita menggunakan ponsel dengan layar dibawah 5,2 inch permasalahan yang terjadi pada BoboVR yaitu terdapat celah-celah juga terjadi pada FiiT VR 2N ini, malahan celah yang ada lebih parah daripada celah yang ada di BoboVR, namun dengan adanya item tambahan yaitu glaire shield membuat celah tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. Karena dengan kita memakai glaire shield celah tersebut langsung tertutup rapat.

Kelebihan FiiT VR 2N :

  1. Daya tampung layar ponsel mencapai 6,5 inch
  2. Lensa made in japan serta FOV yang 102° tidak membutuhkan ppi ponsel yang di atas 420an jadi kejernihan lensanya lebih baik daripada BoboVR.
  3. Jarak jauh dekat lensa bisa diatur lebih jauh daripada BoboVR
  4. Adanya item tambahan yaitu glaire shield membuat celah langsung tertutup rapat.

Kelemahan  FiiT VR 2N :

  1. Settingan dari jarak jauh dekat lensa masih agak susah ( tidak semudah BoboVR )
  2. Facepad tidak senyaman BoboVR
FiiT VR 2S

Compare BoboVR dan FiiT VR

Tampilan dari FiiT VR 2S cukup berbeda dibanding dengan kedua produk di atas, yaitu housingnya yang tidak menutup secara keseluruhan kacamatanya. Namun bagi mimin hal ini menjadi sebuah kelebihan tersendiri dari FiiT VR 2S. Pertama yaitu dengan housing yang tidak menutup sempurna ini membuat FiiT VR 2S dapat digunakan pada mode AR ( Augmented reality ). Dan yang kedua yaitu fentilasi udaranya cukup melegakan sehingga ponsel tidak cepat panas.

Secara spesifikasi dari lensa serta facepad dan headstrapnya tidak ada perbedaan antara FiiT VR 2S dan FiiT VR 2N

Untuk mengatur kejernihan lensa, tombol roller terpisah antara lensa kanan dan kiri yang terletak dibawah bagian bawah kacamata.

Sedangkan untuk mengatur jarak jauh dekat lensa, bisa dibilang ini adalah kelemahan dari FiiT VR 2S karena belum ada tombol atau roller untuk mengaturnya. Lalu bagaimana mengaturnya? kita harus memutar lensa secara langsung. Akan tetapi tingkat jauh dekatnya lebih besar daripada BoboVR.

Ketika kita menggunakan ponsel dengan layar dibawah 5,2 inch permasalahan yang terjadi pada BoboVR yaitu terdapat celah-celah juga terjadi pada FiiT VR 2S ini, malahan celah yang ada lebih parah daripada celah yang ada di BoboVR, namun dengan adanya item tambahan yaitu glaire shield membuat celah tersebut tidak menjadi masalah yang berarti. Karena dengan kita memakai glaire shield celah tersebut langsung tertutup rapat.

Kelebihan FiiT VR 2S :

  1. Daya tampung layar ponsel mencapai 6,5 inch
  2. Lensa made in japan serta FOV yang 102° tidak membutuhkan ppi ponsel yang di atas 420an jadi kejernihan lensanya lebih baik daripada BoboVR
  3. Jarak jauh dekat lensa bisa diatur lebih jauh daripada BoboVR
  4. Adanya item tambahan yaitu glaire shield membuat celah langsung tertutup rapat.

Kekurangan FiiT VR 2S :

  1. Settingan jarak dari lensa jauh dekatnya masih agak susah ( harus memutar manual di lensa )
  2. Facepad dan Headstrap tidak senyaman BoboVR

Dari yang telah mimin sampaikan di atas, mimin telah melakukan Compare BoboVR dan FiiT VR. Ketika anda hendak memilih antara BoboVR dan FiiT VR jawaban mimin adalah TERGANTUNG DARI PONSEL yang anda gunakan.

Apabila ponsel yang anda miliki memiliki layar ponsel lebih dari 5,2 inch serta ppi 420 dan layar sudah amoled ( sebagai tambahan ) mimin sarankan anda memakai BoboVR Z4 Mini.

Dan apabila layar ponsel anda dibawah 5,2 inch atau ppi ponsel hanya 300an saja, mimin sarankan anda memilih antara FiiT VR 2N atau FiiT VR 2S ( yang penting jangan BoboVR ).

Untuk memilih antara 2N dan 2S hanya masalah preferensi anda saja, karena secara spesifikasi 2N dan 2S tidak ada bedanya. Yang berbeda hanya pada housing yang membuat 2S dapat digunakan pada mode AR juga.

Inilah informasi yang dapat mimin berikan terkait compare BoboVR dan FiiT VR. Semoga dengan adanya artikel compare BoboVR dan FiiT VR ini membuat anda dapat menentukan pilihan.