Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4 [Kacamata VR Terbaik dari Bobo]

79
0
SHARE

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4 [Kacamata VR Terbaik dari Bobo]

Hallo VR Mania
Kembali lagi mimin akan membahas tentang kacamata VR.

Dan kali ini mimin akan membahas produk dari Bobo. Tentu saja produk yang terbaru serta berkualitas.

Kedua produk tersebut adalah keluaran terbaru dari Bobo yaitu BoboVR Z5 dan produk unggulan dari bobo yaitu BoboVR Z4

Untuk spesifikasi masing – masing kacamata tentunya sudah pernah mimin infokan pada artikel

Pada kedua artikel tersebut, mimin telah memberikan info terkait spesifikasi secara garis besarnya, berikut spesifikasi singkatnya

BOBOVR Z4

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4
Penampakan BoboVR Z4
LENSA

Pertama-tama kita telaah dulu bagian utama dari VR. Yaitu dari segi lensa, BOBOVR Z4 ini menggunakan lensa kualitas tinggi berukuran 35mm PMMA yang mana memiliki pandangan yang jelas dan tajam diseluruh lensanya. Namun tetap walaupun lensanya amat jelas dan tajam, resolusi layar ponsel anda juga harus mumpuni (baca : Memilih Ponsel Untuk Menikmati Virtual Reality Terbaik). Lensa ini juga adjustable diopter maupun IPD dengan range antara 00 – 8000 miopi dan 00 – 4000 hyperopia, sehingga anda tidak perlu memakai kacamata (apabila usernya berkacamata seperti mimin).

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4
Penampakan BoboVR Z4 Black Edition dari Belakang by JakVR
BUILD IN AUDIO

Bobo VR Z4 ini mempunyai yang namanya built-in headphone. Maksudnya Terdapat colokan headphone di VR headset yang dapat anda gunakan tanpa perlu memakai headphone lagi. Volume dari suaranya pun bisa langsung anda atur langsung menggunakan tombol yang ada di bobo ini. Fitur ini bisa berjalan dengan baik pada Iphone. BOBOVR Z4 ini juga memiliki sebuah tombol yang memungkinkan memberhentikan atau memulai video yang akan anda putar.

KENYAMANAN

BOBOVR Z4 kalau boleh admin bilang, merupakan headset yang nyaman ketika digunakan. Soalnya walaupun beratnya hampir setengah kilo (yaitu 418gram) tetapi tidak terasa berat ketika anda memakainya karena disetiap sisi terdapat busa yang membuat headset lengket dengan kepala anda. Anda juga tidak perlu khawatir wajah anda berkeringat atau semacamnya sehingga membuat gambar “blur” atau sebagainya, karena bobovr di desain secara ergonomis dengan banyak ventilasi di samping kanan kiri dan atas bawah. Tempat menaruh ponsel anda pun amat kuat sehingga anda tidak perlu khawatir ponsel anda terjatuh ketika memakai bobovr dan mengharuskan anda goyang-goyang kepala.

FIELD OF VIEW (FOV)

Yang menjadi daya unggul atau nilai lebih dari bobovr z4 ini adalah FOV yang dimilikinya. Headset ini mempunyai FOV sebesar 120° . Dan itupun bukan angka yang valid, karena masih bergantung lagi dengan lensa, mata, dan yang paling utama ukuran ponsel anda.

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4
Penampakan Samping BoboVR Z4 Black by JakVR
KEMASAN

BOBOVR Z4 ini dikemas dengan sebuah kotak berdimensi 14x24x23 cm dengan berat 760gram. Ketika membukanya pun cukup unik, karena penutup dari kemasan seperti “slop”. Di dalam kemasan selain vr headset nya juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan serta sebuah kain lap yang dibungkus dengan plastik

WARNA

BoboVR Z4 tersedia dalam 2 warna istimewa yaitu Putih dan Hitam.


COMPARE BOBOVR Z5 VS BOBOVR Z4


BOBOVR Z5

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4
Penampakan BoboVR Z5
DESAIN

Kalau kita melihat foto di atas, kita akan melihat desain yang berbeda dari produk – produk sebelumnya. Dengan desain penutup yang terbuka memungkinkan pengguna untuk mode augmented reality.

Satu lagi kelebihan dengan tutup terbuka ini adalah ventilasi udara untuk ponsel yang menguntungkan sehingga ponsel tidak cepat panas.

Perbedaan juga hadir pada built in audionya yang mempunyai desain cukup unik yaitu menyatu pada headstrap yang melingkar.

Bobo juga mengklaim bahwa kacamata vr ini mampu dijalankan pada platform terbaru milik google yaitu google daydream.

FOV

Sama halnya dengan produk – produk BoboVR lainnya ( katakanlah BoboVR Z4, BoboVR Z4 Mini, BoboVR Z4 Black ), Bobo selalu mengandalkan FOVnya yang cukup besar yaitu 120°. Dengan semakin besarnya FOV memungkinkan bidang pandang pada suatu video akan semakin besar. Lensanya sendiri terbuat dari bahan Highly transparent optical resin (PMMA) berdiameter 42mm.

Namun FOV ini tergantung juga dengan resolusi layar ponsel anda. Dengan ponsel terbaru akan semakin meningkatkan kemampuan FOV nya sendiri.

LENSA

Untuk bagian terpenting ini, lensa dari Z5 terbuat dari bahan Highly transparent optical resin (PMMA) berdiameter 42mm yang dapat dengan mudah disesuaikan (hanya dengan memutar tombol dibagian kanan/kiri kacamata (untuk jauh dekatnya) serta tombo bagian pojok kanan atas untuk mengatur jernih tidaknya lensa.

Catatan tambahan untuk spesifikasi layar yang dapat dimuat pada Z5 ini adalah 4,7 inch hingga 6,2 inch. Namun sama seperti produk – produk sebelumnya, kualitas terbaik ponsel yang dapat dipakai pada Z5 adalah pada layar 5,5 inch ke atas ( untuk menghindari distorsi cahaya )

HEADSTRAP

Untuk headstrapnya sendiri memiliki desain yang mirip dengan FiiT VR 3F maupun shinecoon 4

desainnya yaitu melingkar ke atas yang ditambahi busa – busa pada bagian tertentu untuk meningkatkan tingkat kenyamanan pengguna. Serta pada bagian kanan kiri headstrap terdapat headphone yang tentunya mempunyai kualitas 720° surround.

Z5 ini amat mudah sekali digunakan, juga dengan mudah dipakai dengan kacamata tambahan ( maksudnya bagi orang yang berkacamata ). Dapat dengan mudah juga untuk dipakai beserta kita mencharge ponsel kita.

Lalu, bagaimana ya perbandingan dari kedua produk ini??

Untuk itu mimin beserta Crew JakVR telah melakukan beberapa kompare yang tertuang pada video berikut ini

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4

1.DESAIN

BoboVR Z5 desainnya nyentrik serta minimalis, sedangkan BoboVR Z4 desainnya lebih mengarah ke mewah dan elegan.

2.FOV

Untuk FOVnya kedua kacamata VR ini sama-sama dibekali dengan besaran FOV 120°. Nah yang membedakan adalah jarak fokusnya. Dimana Z4 mempunyai jarak fokus hanya 35mm sedangkan Z5 hampir 42mm

3.LENSA

Sedangkan untuk part utama dari Kacamata VR yaitu lensa, kedua kacamata baik Z4 maupun Z5 tidak ada perbedaan yaitu ketebalan lensa 42mm yang mempunyai kualitas paling jernih dikelasnya. Adjustable baik jarak jauh dekat maupun kejernihan

4.BUILD IN AUDIO

Keduanya telah dilengkapi dengan audio yang terintegrasi dengan desain yang berbeda dan kualitas audio mimin lebih memilih BoboVR Z5. Karena stereonya lebih berasa aja ( untuk yang satu ini tergantung penikmat saja )

5.HEADSTRAP

Untuk bahan dari headstrapnya sama-sama tebal dan lembut, sehingga nyaman dipakai walau memiliki desain headstrap yang berbeda satu sama lainnya

6.AUGMENTED REALITY

Hanya BOBOVR Z5 yang bisa dipakai dengan mode augmented reality. Hal tersebut memungkinkan karena desain penutup dari BOBOVR Z5 yang terbuka. Berbeda dengan Z4 yang tertutup

7.SYSTEM

Untuk sistem, BoboVR Z5 juga mempunyai keunggulan daripada kakanya yaitu BoboVR Z4. Dimana BoboVR Z5 mampu digunakan pada google daydream, sedangkan BoboVR Z5 Hanya mampu di google cardboard saja.

KESIMPULAN

Kedua kacamata VR ini mempunyai perbedaan yang amat mencolok pada desainnya, dimana mimin lebih suka dengan desain dari BoboVR Z5 yang unik berbeda dengan kacamata – kacamata vr lainnya. Untuk itu mimin kasih angka 9 untuk Z5 dan 8 untuk Z4

Perbedaan lainnya yang dikarenakan desain yang berbeda adalah kemampuan Z5 untuk digunakan pada augmented reality yang tidak ada pada Z4

Satu lagi perbedaannya yaitu dimana Z5 mampu digunakan pada sistem google daydream sedangkan Z4 tidak bisa.

Untuk kenyamanan dalam pemakaian, mimin lebih memilih Z4 dibanding Z5

Jadi overall mimin lebih mengunggulkan Z5 dibanding dengan Z4 dinilai dari kelebihan penggunaan, namun untuk tingkat kenyamanan dalam penggunaan kacamatanya mimin akan lebih menggunggulkan Z4.

Berikut spesifikasi lengkap dari kedua kacamata VR jagoan ini

Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4

SPESIFIKASI BOBOVR Z4 BOBOVR Z5
Warna Putih & Hitam Abu – Abu
Lensa materia PMMA lensa optik profesional PMMA lensa optik profesional
Diameter lensa 35mm 42mm
Field Of View (FOV) 120° 120°
Optidress Desain Aspheric Desain Aspheric
Layar 4,0-6,2 inch 4.7-6.2 inch
Dukungan Sistem Telepon : IOS, Android IOS, Android, Daydream
Audio Build in Build in
Rekomendasi Layar 5,5-6 inch 5,5-6 inch
Adjustable Lens Yes Yes
Harga Rp. 325.000,- Rp. 520.000,-

Demikian Compare BoboVR Z5 VS BoboVR Z4 dari Crew JakVR
Nantikan artikel – artikel menarik lainnya ya

Semoga artikel ini bermanfaat

Kunjungi Website kami http://jakvr.com/

Like Instagram kami : https://www.instagram.com/jakvr/
Like Facebook kami : https://www.facebook.com/Jakvrcom/
Like Facebook GameSir : https://www.facebook.com/GameSirIndon…
Like Instagram GameSir : https://www.instagram.com/gamesir.id/

Kunjungi Toko Online Kami

Tokopedia Jakvr :
https://www.tokopedia.com/koekmurah/e…

Bukalapak Jakvr :
https://www.bukalapak.com/koekmurah/l…