Divisi Ponsel Dijual, HTC Fokus Pada Pengembangan VR?

Divisi Ponsel Dijual, HTC Fokus Pada Pengembangan VR?

100
0
SHARE

Hola guys…
Ada berita yang cukup mengejutkan nih di Industri teknologi.

Seperti yang diberitakan Ubergizmo hari Senin (21/11/2016) perusahaan teknologi asal Taiwan yaitu HTC akan menjual salah satu divisinya, yaitu divisi mobile atau smartphone-nya.

Belum diketahui pasti siapa yang bakal membeli salah satu divisi vital milik HTC ini yang bermarkas di Taoyuan. Namun rumor yang santer menyebutkan bahwa kandidat terkuat yang bakal membeli divisi mobile dari HTC ini adalah Google.

Hal ini sejalan dengan keinginan Google untuk mengembangkan ponsel Pixel di masa depan sehingga Google membutuhkan “perpanjangan tangan” dalam memproduksi komponen-komponen smartphone secara langsung. Terlebih seperti yang kita ketahui bahwa ponsel Nexus besutan Google sebelumnya juga hasil kerja sama antara google dengan HTC.

Namun seperti Yin dan Yang, ada berita buruk ada juga berita baiknya lho. Seperti yang diberitakan VenturaBeat, Selasa (22/11/2016) HTC baru saja mengumumkan kerja sama dengan pemerintahan Tiongkok (Shenzen) untuk meluncurkan dua inisiatif anyar.

Inisiatif pertama yang bakalan diperkenalkan kerja sama ini adalah Virtual Reality Research Institute Tiongkok. Dari sini HTC akan melakukan sejumlah inovasi terkait komponen-komponen virtual reality seperti sensor, layar, visualisasi data, dan divisi-divisi lainnya. Pusat penelitian ini juga akan melibatkan berbagai pihak seperti perusahaan,investor,universitas, serta institusi penelitian. Seluruh pihak ini nantinya akan bekerja sama dalam mendorong pengembangan teknologi virtual reality di Shenzen untuk diterapkan dalam berbagai bidang tentunya seperti bidang kedokteran,militer,teknik,desain, dan sebagainya.

Inisiatif kedua dari dibentuknya kerja sama ini adalah VR Investment Fund Shenzen. Dari sistem pendanaan yang hampir mencapai nominal $1,5 milyar ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sistem VR di Tiongkok khususnya dan di dunia secara umumnya.

Dikutip dari VenturaBeat, Selasa (22/11/2016) Co-founder dan Chairwoman HTC Cher Wang mengatakan bahwa dua inisiatif yang digagas antara HTC dan pemerintahan Shenzen ini diharapkan dapat mempercepat pengembangan industri VR.

Di kesempatan yang berbeda, Presdir HTC di Tiongkok yaitu Alvin Graylin mengatakan VR VC Alliance akan berinvestasi di masa depan VR serta mengatur arah industri VR kedepannya. Graylin seperti yang dikutip di VenturaBeat juga menyebut bahwa VR akan menjadi sebuah disruptive technology sama halnya dengan PC dan ponsel saat ini.