Game Virtual Reality Dekstop Akan Dibuat Universal

Game Virtual Reality Dekstop Akan Dibuat Universal

87
0
SHARE

Seperti yang kita ketahui, untuk saat ini sebuah game vr dekstop akan terpaku atau dengan kata lain hanya bisa dimainkan pada perangkat vr dekstop yang bekerja sama dengan pengembang game tersebut.

Contohnya, game-game vr yang ada di steam saat ini hanya bisa dimainkan menggunakan HTC Vive. Atau contoh lainnya, game-game yang bisa dimainkan di Playstation VR tidak bisa dimainkan di HTC Vive ataupun Oculus Rift.

Baca :

Hal di atas, bisa terjadi karena beberapa alasan dan alasan utamanya adalah karena fitur dan hardware yang mereka miliki mempunyai perbedaan sendiri-sendiri. Bahkan setiap platform mempunyai toko aplikasi sendiri juga. Berbeda kalau kita berbicara game vr mobile yang bisa lebih universal.

Dengan adanya keterbatasan tersebut, sebuah pengembang game kenamaan yaitu Ubisoft mempunyai suatu ide yang cukup brilian atau bisa dibilang ambisius. Ide tersebut adalah membuat suatu game vr yang nantinya bisa dimainkan pada ketiga platform (HTC,Oculus, dan PS VR). Hal tersebut merupakan langkah penting Ubisoft yang saat ini tidak terikat kontrak pada salah satu platform.

Rencana menyatukan game vr dalam semua platform tersebut bertujuan agar konsumen game (gamer) menikmati sebuah pengalaman bermain game vr yang lebih baik lagi serta bisa bermain sebuah game secara online tanpa perlu khawatir dengan platform yang digunakannya.

Langkah pertama yang dilakukan oleh Ubisoft seperti yang dikutip dari Techno Buffalo (06/12/2016) adalah merilis game Eagle Fligth yang dapat digunakan PS VR dan Oculus Rift. Dan setelah itu nantinya semua game buatan Ubisoft akan dapat dimainkan di Oculus Rift.

eagle flight

David Votypka Creative Director Red Storm memberikan keterangan bahwa membuat sebuah game vr dekstop yang berjalan di lintas perangkat (secara universal) memang menjadi tujuan utama pengembang asal Perancis ini. Adapun game vr besutan Ubisoft nantinya memang akan menonjolkan pengalaman bermain secara multiplayer yang kuat. Seperti game-game Ubisoft yang lainnya.

Ubisoft disebut-sebut oleh pihak tertentu mempunyai rencana yang amat berani. Karena seperti yang kita ketahui perbedaan hardware masing-masing platform merupakan masalah yang amat sulit untuk disatukan.

Dengan keberanian yang dilakukan Ubisoft ini, nantinya diharapkan akan membuat pengembang game lain melakukan inovasi yang sama. Agar kedepan para gamer tidak menjadi terisolasi ketika memainkan sebuah game (maksudnya terisolasi hanya pada salah satu platform saja).