Mau Mencoba Google Daydream?Ini Spek Minimal Smartphone yang Harus Anda Miliki

    280
    0
    SHARE

    Ponsel pertama yang kompatibel dengan Google Daydream adalah Pixel, dan kini Google merilis spesifikasi minimal untuk ponsel agar kompatibel dengan platform virtual reality (VR) itu.

    Data ini muncul setelah Google memperbarui informasi dalam laman Compatibility Definition Document (CDD) Android, yang secara jelas menggambarkan ponsel mana yang bisa menjalan platform tersebut dan ponsel mana yang tidak bisa.

    Ada banyak data teknis yang diungkap dalam laman tersebut, seperti bagaimana setiap ponsel harus mendukung Vulkan Hardware Level 0, decoding H.264 dan lainnya. Namun berikut adalah daftar spesifikasi teknis yang lebih mudah dimengerti.

    Pertama, layar ponsel harus berada dalam rentang 4,7 hingga 6 inch dengan resolusi minimal 1080p, dan Google sangat menyarankan resolusi yang lebih tinggi dari itu, seperti QHD (1440p) atau lebih tinggi, demikian dikutip dari Phone Arena, Kamis (10/11/2016).

    Google memang tak secara eksplisit menyarankan penggunaan panel OLED, namun panel jenis ini mempunyai latency yang lebih kecil ketimbang panel lainnya, sehingga penggunaan panel OLED ataupun AMOLED sepertinya akan lebih baik untuk Daydream.

    Dari segi prosesor, Qualcomm sebelumnya sudah pernah menyebut kalau hanya Snapdragon 821 yang kompatibel dengan Daydream. Namun ZTE juga mengklaim kalau Axon 7 bisa menjalankan platform tersebut, meski hanya menggunakan Snapdragon 820.

    Dengan persyaratan seperti itu, selain Pixel dan Pixel XL hanya ada Zenfone 3 Deluxe yang di atas kertas bisa menjalankan Daydream. Namun saat ini belum diketahui apakah ponsel besutan Asus itu nantinya akan kompatibel dengan Daydream.

    Sumber : Detik