Memilih Kacamata Virtual Reality Terbaik Untuk Nonton Video atau Bermain Game

Memilih Kacamata Virtual Reality Terbaik Untuk Nonton Video atau Bermain Game

526
0
SHARE
Kacamata VR Terbaik
Kacamata VR Terbaik

Apa kabar para penikmat virtual reality ? Pada edisi kali ini kita akan membahas Kacamata VR Terbaik, bisa untuk menonton maupun bermain game.

 

Artikel kacamata vr terbaik ini melengkapi artikel sebelumnya yaitu pada arrtikel panduan untuk memilih handphone untuk vr dan panduan pemula untuk penggunaannya. Karena banyak para pengguna yang bertanya, kacamata vr terbaik apa yang bagus untuk menonton video atau film bahkan bermain game. Disini kita akan ulas secara detail.

1. FOV ( field of view ) Kacamata VR

Sudut pandang atau ruang pandang adalah maksud dari poin pertama ini. Karena mata manusia hanya memiliki sudut pandang tak lebih dari 120 derajat ( 120º ). Itu pun tanpa memiliki titik utama alias fokus, apabila bola mata mengarah pada sebuah objek sebagai fokus, dipastikan berkurang sudut pandang yang ia dapatkan. Ini penting dalam memilih kacamata VR terbaik.

Khusus untuk Kacamata Virtual Reality, mimin merekomendasikan sebagai berikut sesuai kebutuhannya ;

  • Bermain game
  • Menonton video atau film

Bermain Game

Untuk bermain game tentunya menjelajah sekitar sangat penting supaya tidak ada yang terlewat dalam permainan kita, mimin merekomendasikan fov dikisaran 110º s/d 120º

Menonton Video atau Film

Pada bagian ini mimin hanya menyarankan menggunakan fov 90º s/d 110º saja, karena adanya fitur sensor Gyroscope bisa menikmati fitur 360 yang bisa menutupi kurangnya sudut pandang. Kalaupun untuk menonton video atau film 2d dan 3d fov besaran sebanyak itu sudah cukup. Karena terlalu besar juga tidak berguna, sama seperti kita nonton bioskop apakah kita akan menonton video atau film dengan ukuran layar seperti bioskop dikamar kita ?

2. Setingan Pengaturan dan Jenis Lensa

Beberapa merek kacamata virtual reality memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ada yang memiliki pengaturan lensa ada pula yang tidak.

Kacamata Virtual Reality Terbaik
Kacamata Virtual Reality Terbaik

Baik untuk bermain game ataupun untuk menonton video dan film kacamata vr terbaik adalah yang memiliki pengaturan dan jenis lensa yang bagus, terlepas game dan kualitas video atau filmnya itu sendiri. Karena percuma juga lensa dan pengaturannya bagus tapi menonton video atau film berdurasi 30 menit tetapi kualitas video dan filmnya rendah atau tidak HD High-Definition Video.

Bagaimana mengenali apakah ada pengaturan lensanya pada kacamata vr ? Biasanya ada setingan dibagian kiri dan kanan atau dibagian atas pada kacamatanya. Khusus untuk merek FiiT VR pengaturan lensanya masih memutar lensanya dibagian dalam secara manual yang tentunya sedikit memakan waktu saat menyesuaikan dengan mata kita. Untuk kacamata pengaturan lensa terbaik ada pada Bobo VR ( silahkan lihat lampiran foto pada poin 3 ).

Lalu bagaimana mengetahui jenis lensanya ? Pada setiap produk kacamata vr tidak semua pada buku panduan maupun tulisan pada kemasan bungkus terlampir. Biasanya muncul saat kita mengunjungi situs pembuat kacamata tersebut atau pada artikel informasi yang sudah dibuat oleh para penikmat vr.

3. Dudukan Ponsel / Smartphone

Apakah ini penting dalam memilih kacamata virtual reality ? Jawabannya tentu saja. Anda pasti tidak mau kalau ponsel anda lecet hanya karena dudukan ponselnya jelek atau bahkan saat akan anda pasangkan dikepala tiba-tiba tampilan ponsel kembali ke menu home karena tombol diponsel tidak sengaja terpencet saat anda mendudukan ponsel.

Berikut lampiran beberapa jenis dudukan ponsel pada kacamata vr.

Bobo vr z4 mini
Bobo vr z4 mini
fiit vr 2s
fiit vr 2s
leji mini vr
leji mini vr
octagon luna vr
octagon luna vr
mi vr
mi vr
shinecon vr
shinecon vr

Dari lampiran foto banyak variasi. Untuk yang dudukannya terlihat kamera ponsel berarti bisa menggunakan fitur AR juga. Karena ada beberapa game ( android playstore ) yang punya 2 fitur sekaligus, yaitu vr dan ar. Perlu dipahami juga dudukan cukup mempengaruhi ukuran ponsel. Pada Shinecon VR anda tidak akan bisa menggunakan ponsel ukuran 5.7 inch keatas. Untuk Bobo VR Z4 maupun Z4 mini termasuk FiiT VR bisa menampung ponsel sampai ukuran 6 inch. Selebihnya ada pada kisaran 4,5 inch s/d 5,5 inch saja.

4. Bantalan Pada Kacamata

bantalan bobo z4
bantalan bobo z4

Kita akan lelah apabila menggunakan kacamata vr dalam waktu lama tanpa diimbangi oleh bantalan yang empuk dan nyaman. Pada lampiran foto sebelumnya sedikit terlihat bantalannya, keseluruhan merek memiliki bantalan busa yang lembut dengan design dan bahan yang menjadi ciri khas masing-masing. Selera ini kembali kepada para penikmat.

5. Harga

Terakhir tentu saja harga, untuk sebuah kacamata virtual reality harga termahal dipasaran Samsung Gear VR yang diperuntukan untuk ponsel high-end keluaran mereka. Selebihnya berada di bawah 1 juta Rupiah, merek seperti Bobo VR dan FiiT VR berada dikisaran 300 ribu Rupiah s/d 500 ribu Rupiah.Serta tidak menjadi masalah apabila ponsel anda seharga 5 juta Rupiah tetapi membeli kacamata vr seharga 175 ribu Rupiah semisal Octagon Luna VR dengan catatan ponselnya muat pada dudukan kacamatanya.

Semoga pada edisi artikel ini para penikmat VR terbantu dalam memilih kacamata vr. Jangan lupa untuk mengikuti kami di :

Kunjungi Website kami http://jakvr.com/

Like Instagram kami : https://www.instagram.com/jakvr/
Like Facebook kami : https://www.facebook.com/Jakvrcom/

Youtube Kami : https://www.youtube.com/channel/UCEp6qqGWV1DOK1uH1S_TwTg

Kunjungi Toko Online Kami

Tokopedia Jakvr :
https://www.tokopedia.com/koekmurah/e…

Bukalapak Jakvr :
https://www.bukalapak.com/koekmurah/l…