Mengenal NetDragon, Pioneer Dalam Virtual Reality Di China

Mengenal NetDragon, Pioneer Dalam Virtual Reality Di China

17
0
SHARE
NetDragon

Dewasa ini, dunia teknologi virtual reality memang sangat berkembang pesat pada beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2016, untuk pertama kalinya di China sebuah platform Virtual Reality (VR) terbuka diluncurkan. Dan Nama perusahaan yang meluncurkan platform tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah NetDragon.

Virtual reality atau VR sendiri ialah sebuah teknologi yang memungkinkan kita berinteraksi dengan sebuah lingkungan maya ( tiruan ) yang disimulasikan oleh sebuah perangkat pembantu, sehingga kita seolah – olah berada nyata pada lingkungan maya tersebut. Istilah dalam Indonesianya yaitu realitas maya.

NetDragon
Halaman depan NetDragon

NetDragon sendiri ialah sebuah perusahaan terkemuka di Funzhou, Provinsi Fujian China yang berdiri pada tahun 1999. Bisa dibilang perusahaan ini bergerak pada setiap lini ekonomi di China. Khususnya pada pengembangan game.

Sebagai bukti kebesaran NetDragon, hampir tiga kali berturut – turut masuk dalam daftar “National Top 30 Cultural Enterprises”. Nama NetDragon pun bertengger empat tahun berturut-turut dalam daftar “Chinese Top 100 Technology Enterprise”.

Tak hanya itu saja perusahaan ini juga masuk dalam majalah Forbes China pada urutan ketiga sebagai “China’s Listed Potential Enterprises Top 100.”

Kalau dihitung secara global saat ini pengembang game nomor satu di China ini memiliki hampir sekitar 7000 staff, dan di China sendiri sekitar 1.000 staff ungkap Deputi General Manager Ray Cai.

Bukti konkrit lagi ialah salah satu bentuk usaha NetDragon yaitu portal game online bernama 17173.com memimpin di pasaran. Pengembang, operator, dan penerbit game online tersebut merupakan perusahaan Tiongkok pertama yang sukses melakukan ekspansi global.

Ray menambahkan bahwa saat ini perusahaannya telah menjadi operator game online China terbesar dibeberapa negara antara lain Amerika, Spanyol, Inggris, Prancis, hingga Arab.

Memang fokus NetDragon adalah dunia game, namun pada tahun 2016 kemarin juga merambah pada lini industri pendidikan dunia maya yang dibuktikan dengan pembangunan sebuah platform layanan lengkap dan terbesar untuk segmen pasar pendidikan dalam bentuk hardware, software, hingga sumber dayanya. Ray menambahkan bahwa pada usaha ini perusahaannya telah melayani lebih dari 1,3 juta ruang kelas, 2,4 juta guru, dan 30 juta lebih pelajar dari 100 lebih negara di dunia.

Karena sepak terjang inilah NetDragon dipercaya langsung oleh pemerintah Fuzhou untuk menjadi pelopor pengembangan industri VR tahun 2016. Mereka akan melayani proyek pengembangan software, produksi hardware, berbagai konten sumber daya, termasuk melakukan pelatihan dan beberapa kegiatan lain terkait dengan industri VR.

Inilah sedikit cerita tentang kebesaran sebuah pengembang game yang merambah dan bahkan menjadi pelopor pada dunia teknologi VR. tak hanya dimanfaatkan pada dunia game saja, VR di tangan NetDragon menjadi sebuah platform yang amat komplek yang dinikmati berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, dsb.