Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube

[Tutorial] Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube

43
0
SHARE

[Tutorial] Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube

Hallo guys, jumpa lagi sama mimin,,
Artikel kali ini mimin akan memberikan Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube.

Memang sebetulnya sepele sih, tapi ternyata masih banyak yang belum bisa/belum tahu bagaimana memanfaatkan virtual reality pada penyedia layanan video ternama yaitu Youtube.

Berdasarkan pengalaman mimin ini lah artikel kali ini terwujud.
Padahal sih, kalau pembaca setia jakvr.com mau mengulik-ulik artikel mimin yang terdahulu bisa dibilang sudah membahas sedikit bagaimana Menggunakan Mode VR di Youtube.

Baca :

Berawal dari boomingnya kacamata virtual reality antara tahun 2014, Youtube sebagai penyedia konten video terbesar dan ternama pada tahun 2015 mulai menghadirkan konten video 360° dimana video tersebut juga merupakan hasil dari virtual reality.

VR di Youtube

Sekedar informasi tambahan, video 360° memungkinkan anda menonton sebuah video dengan sudut pandang orang pertama. Maksudnya anda seolah-olah berada pada scene video 360° tersebut sehingga anda bisa melihat tempat pada scene tersebut secara 360°. Hanya dengan menoleh ke kanan, kiri, bawah, memutar anda akan dibawa se olah-olah berada pada tempat pada video tersebut.

Nah, konten 360° ini di platform youtube telah banyak ditemui dan dimanfaatkan oleh berbagai bidang mulai dari wisata, musik, film, hingga bisnis. Salah satunya adalah video dari JKT48 berikut ini

Sampai saat ini konten virtual reality di Youtube sudah amat banyak diantaranya yang mimin jadikan artikel berikut

Sayangnya, beberapa waktu lalu seperti yang mimin ulas di atas masih banyak yang belum bisa/belum tahu bagaimana memanfaatkan virtual reality pada penyedia layanan video ternama yaitu Youtube.

Oleh karena itulah mimin akan membagikan informasi Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube

Dengan mengikuti langkah – langkah berikut mimin harap yang belum bisa menikmati konten VR di Youtube akan dengan mudah menikmati konten VR tersebut, karena konten-konten video VR di Youtube amat banyak dan menarik sebagai bahan refreshing kita.

Oia mimin hampir kelupaan, sebelum kita menikmati konten VR di Youtube, bahan-bahan atau perlengkapan yang anda butuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Ponsel (harus mempunyai sensor gyro) baca di sini untuk mengetahui apa itu sensor gyro. Agar lebih puas dalam menikmati videonya anda juga butuh ponsel yang mempunyai layar high end.
  2. Koneksi internet (disarankan pakai wifi yang stabil)
  3. Kacamata VR Mobile ( sudah banyak jenis dan produk kacamata VR dipasaran seperti baofeng, FiiT , Xiaomi , BoboVR dll )

Nah, setelah anda mempunyai 3 bahan di atas, barulah anda bisa menikmati konten VR di Youtube sesuka hati. Dan caranya amat mudah, bisa anda lihat pada video garapan Crew JakVR berikut

Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube

Pada video di atas, dapat kita lihat bahwa amat mudah sekali menikmati konten VR di Youtube. Untuk lebih jelasnya berikut langkah – langkahnya

1. Buka Youtube di Ponsel Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi youtube di ponsel anda ( kali ini mimin menggunakan ponsel low end yaitu Andromax R yang tentunya sudah support sensor gyro )

2. “Searching” video 360

Untuk mengetahui ponsel anda support dengan virtual reality ( mempunyai sensor gyro ) anda juga dapat dengan mudah mengetahuinya dengan cara “Searching video 360″.
Tes dengan cara menjalankan salah satu video 360°, setelah video diputar coba gerakkan ponsel anda ke kiri, kanan, atas, bawah ( lihat apakah venue video bisa bergeser, untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada video di atas ).

3. Cari Logo Kacamata di pojok kanan bawah

Untuk mengetahui ponsel yang bisa digunakan/support melihat video di youtube dengan mode VR cukup kita ketahui dengan ada tidaknya logo kacamata yang ada di pojok kanan bawah sebelah perbesar/perkecil tampilan video. Apabila ponsel kita dapat digunakan mode VR pada video 360° yang ada pada youtube, secara langsung ketika kita memutar sebuah video 360° akan nampak sebuah logo kacamata.

4. Klik logo kacamata untuk menikmati mode VR

Setelah anda menemukan logo kacamata pada video 360°, anda hanya perlu meng”klik” logo kacamata yang berada disebelah tombol perbesar/perkecil gambar. Setelah itu video akan terbagi menjadi dua bagian yang sama. Inilah pertanda bahwa mode VR sudah bisa anda nikmati.

Untuk lebih memaksimalkan video mode VR ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan

  1. Koneksi internet harus stabil ( agar kualitas dari video youtube anda bisa maksimal)
  2. Ponsel anda harus suport minimal kualitas video 720 ke atas ( minimal HD)
  3. Anda harus menggunakan kacamata VR Mobile yang berkualitas.

Tidak hanya itu saja, poin ketiga yaitu kacamata VR akan sangat berguna ketika kita menikmati video 3D ( lebih maksimal )

Yang perlu digaris bawahi juga, logo kacamata VR pada konten youtube akan nampak hanya pada konten berjenis 360°. Ketika kita memutar video yang langsung background VR tidak akan muncul logo kacamatanya. Dan gambarnya pun sudah langsung terbagi menjadi dua.

Bagaimana??
Amat mudah bukan Panduan Menggunakan Mode VR di Youtube??

Apabila masih ada kebingungan dan ingin memperjelas, anda cukup ramaikan kolom komentar dibawah.

Kunjungi Website kami http://jakvr.com/

Like Instagram kami : https://www.instagram.com/jakvr/
Like Facebook kami : https://www.facebook.com/Jakvrcom/

Kunjungi Toko Online Kami

Tokopedia Jakvr :
https://www.tokopedia.com/koekmurah/e…

Bukalapak Jakvr :
https://www.bukalapak.com/koekmurah/l…