Pengembangan VR Kini Semakin Beragam dari Mesin Arcade Hingga PC

Pengembangan VR Kini Semakin Beragam dari Mesin Arcade Hingga PC

77
0
SHARE
Pengembangan VR

Pengembangan VR Kini Semakin Beragam dari Mesin Arcade Hingga PC

Hallo VR Mania and Gamers Mania,
Sesuai judul mimin di atas, artikel kali ini mimin ingin fokus mengenai Pengembangan VR. Dimana beberapa pengembang/developer/perusahaan yang concern dengan teknologi virtual reality berlomba – lomba untuk memunculkan ide – ide baru.

Salah satunya adalah SEGA.
SEGA telah merilis bahwa akan menghadirkan pengalaman bermain virtual reality untuk mesin arcade nya di Jepang. Informasi ini sendiri berasal dari akun twitter resmi dari SEGA, jadi bisa dibilang informasi ini no HOAX ya.

Pengembangan VR
Lantai Khusus VR di Mesin Arcade SEGA

Seperti yang diberitakan di Venture Beat (Senin, 05/06/2017) bahwa perusahaan SEGA telah menyiapkan satu lantai khusus di gedung pusat mesin arcade miliknya yang berada di Akibahara untuk VR. Sebenarnya, area tersebut sudah lama memang dikhususkan untuk VR, namun karena ada beberapa kendala teknis maupun nonteknis secara internal maka peluncurannya pun mengalami kemunduran.

Sayangnya, SEGA tidak membeberkan headset VR jenis apa yang nantinya akan dipakai untuk mesin arcadenya. Perusahaan ini juga tidak mengungkapkan judul game yang mendukung teknologi VR ini.

Apa yang dilakukan SEGA ini merupakan salah satu contoh dalam pengembangan VR pada platform – platform lain bukan terpaku pada konsole saja.

Perusahaan yang melakukan langkah yang sama dengan SEGA adalah Microsoft. Seperti berita yang baru saja muncul, yaitu Microsoft akan lebih fokus pada pengembangan VR pada platform PC. Meski platform PC sudah lama sekali terjun pada pengembangan VR, dengan hadirnya Microsoft diharapkan akan semakin meningkatkan performa maupun kualitas dari teknologi VR yang telah ada.

Pengembangan VR

Seperti yang kita ketahui bersama, perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini pernah memiliki ambisi yang cukup keren yaitu akan menghadirkan perangkat VR untuk menemani proyek Xbox One X. Namun rencana tersebut seperti sedikit berubah.

Dari informasi yang mimin dapat di GameSpot (Jumat, 14/07/2017) Dave McCarthy (Microsoft General Manager) mengatakan bahwa perusahaan saat ini tengah fokus pada PC untuk ambisi VR dan AR Microsoft. Nah, untuk konsolenya masih tertunda akan tetapi bukan berhenti.

McCarthy menambahkan pada sesi wawancaranya ” fokus kami saat ini adalah pengembangan PC, untuk itu kami akan melihat ekosistem Windows 10 yang terbuka untuk developer. Dari data intern kami, ada hampir setengah milyar lebih perangkat yang aktif menggunakan Windows 10. Itulah kenapa kami merasa bahwa fokus kami saat ini adalah yang paling tepat.

Walau demikian, General Manager Microsoft ini berpendapat bahwa saat ini masih belum ada pengalaman virtual reality yang benar – benar mengagumkan. Sehingga kedepannya berharap para developer serta Microsoft sendiri mampu menghasilkan sesuatu yang benar – benar membuat pengalaman merasakan virtual reality yang massive.

Dengan adanya pengembangan VR pada platform – platform yang lebih luas ini, mimin sih berharap akan semakin banyak orang tertarik untuk mencoba teknologi masa depan ini.