Perkembangan Virtual Reality Akan Seperti Perkembangan Smartphone

Perkembangan Virtual Reality Akan Seperti Perkembangan Smartphone

115
0
SHARE

Hallo VR Mania,
Seperti yang kita ketahui teknologi virtual reality begitu ngehits akhir-akhir ini. Bisa dibilang dengan hadirnya Google Cardboard pada tahun 2014 silam, hal tersebut semakin mengangkat pamor teknologi virtual reality. Ya meskipun adopsinya masih disekitar situ-situ saja (yang marak masih di game dan video), namun diperkirakan lama-lama juga virtual reality akan berkembang disetiap lini sama halnya dengan perkembangan smartphone.

Seperti yang kita ketahui Perkembangan ponsel begitu pesat, mungkin anda perlu membaca artikel Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas. Di artikel tersebut mimin sedikit membahas perkembangan ponsel.

Seperti yang dijelaskan oleh salah satu crew JakVR di artikel Kategori Virtual Reality, Saat ini ada 3 jenis perangkat virtual reality utama dipasaran. Yaitu :

  • Virtual Reality (VR) Mobile
Baofeng Virtual Reality
Salah Satu Contoh VR Mobile

Virtual Reality yang memerlukan 2 buah alat utama yaitu smartphone serta kacamata VR tentunya.

  • Dekstop VR
Salah Satu Contoh VR Dekstop dari HTC Vive
Salah Satu Contoh VR Dekstop dari HTC Vive

Virtual Reality yang memerlukan sambungan PC. Seperti HTC Vive dan Oculus Rift.

  • Console VR
Salah Satu Contoh Console VR
Salah Satu Contoh Console VR

Virtual Reality yang harus digunakan dengan sebuah console tertentu seperti PSVR.

Dari ketiga jenis virtual reality di atas, menurut Hugo Swart, Senior Director Product Management Qualcomm yang akan semakin populer ialah virtual reality mobile. Karena sambung Hugo, hampir setiap orang saat ini tidak lepas dari smartphone.

Seperti yang kita ketahui, para vendor teknologi saat ini semakin berlomba untuk mengembangkan smartphone yang support dengan perangkat VR. Tapi hal tersebut masih banyak kelemahan, terutama pada hal kualitas yang mereka hasilkan.

Dan Menurut Hugo, kedepannya pengguna teknologi virtual reality akan semakin sadar dengan kualitas smartphone yang harus minimal mereka miliki untuk menikmati virtual reality. Mereka akan semakin pintar memilah-milah smartphone mana yang mempunyai kualitas bagus dan mana yang mempunyai kualitas kurang bagus untuk menikmati konten virtual reality.

Kedepan, diharapkan dengan semakin banyaknya pengguna virtual reality, akan memiliki efek seperti perkembangan smartphone. Dimana dengan semakin banyak pengguna, maka akan membuat para developer juga berlomba-lomba untuk menghadirkan konten-konten yang lebih menarik.

Dulu, smartphone pun ketika awal kedatangannya hanya sedikit aplikasi yang mendukungnya. Namun lihat saja saat ini, makin banyak aplikasi yang mendukung penggunaan dari smartphone. Nah, hal ini nantinya juga akan melanda teknologi virtual reality.

Salah satu keunggulan dari virtual reality juga tidak hanya digunakan sebagai hiburan semata. Teknologi virtual reality seperti dalam artikel mimin Virtual Reality dan Kegunaannya dapat digunakan pada berbagai sektor seperti industri, pendidikan, serta kedokteran.

Hugo menegaskan kita telah melihat bagaimana perkembangan ponsel dari awal ditemukan hingga menjadi ponsel pintar saat ini. Nah, nantinya kita juga akan melihat bagaimana perkembangan virtual reality yang semakin menjamur. Terlebih lagi VR Mobile yang memerlukan smartphone dalam penggunaannya.