Tips Memilih Headset VR Terbaik

Tips Memilih Headset VR Terbaik

886
0
SHARE

Hallo VR Mania,,

Bagi anda yang sudah sering mencari-cari atau membaca tentang tren 2016 sekarang yaitu virtual reality mungkin tidak akan bingung ketika anda ingin memilih headset vr terbaik menurut anda. Namun, bagi kebanyakan orang yang masih awam tentang virtual reality pasti akan kebingungan ketika ingin mencoba dunia virtual reality. Karena dewasa ini banyak sekali pilihan Google Cardboard ataupun Headset VR dari yang harga murah sampai yang jutaan.

Mana yang lebih cocok sangat tergantung dengan smartphone yang kita punya. Jangan sampai sudah membeli ternyata tidak kompatibel atau tidak maksimal dengan smartphone yang kita gunakan. Nah, berikut tips Tips Memilih Headset VR Terbaik

1.Apabila smartphone anda adalah Samsung Galaxy S6 keatas dan anda tidak ragu-ragu untuk mengeluarkan uang 1,5 jutaan, jangan ragu-ragu untuk membeli Samsung Gear VR untuk pengalaman virtual terbaik. Akan tetapi apabila anda tidak ingin mengeluarkan uang sebesar itu, masih banyak headset vr terbaik yang bisa anda coba seperti BOBOVR Z4 (350ribuan), FiiT VR 2N (350ribuan), dan FiiT VR 2S (FiiT VR terbaru 375ribuan)

Baca juga :

2.Apabila smartphone anda adalah Mi Note 2, Mi 5, Mi 5s, dan Mi 5s Plus. Jangan ragu-ragu untuk membeli Mi VR Play atau Mi VR terbaru yang belum rilis di Indonesia, karena disamping sesuai dengan Merk Smartphone anda tentunya harga dari Mi VR Play atau Mi VR terbaru hanya berkisar antara 180 ribuan – 400 ribuan saja.

Baca juga :

3.Nah apabila Smartphone anda bukan kedua merk diatas, baiknya cek dulu apakah smartphone anda mempunyai sensor gyroscope atau tidak. Bagaimana caranya? baca di sini, atau anda bisa melihat Daftar Smartphone Yang Support VR (Virtual Reality)

  • Jika smartphone anda tidak support atau tidak mempunyai sensor gyroscope namun anda masih ingin mencoba beberapa konten atau aplikasi 3D. Anda beli saja google cardboard yang paling murah. Anda bisa membeli cardboard seperti google cardboard ataupun portabel pocket VR Fold di toko-toko online indonesia seperti bukalapak atau ditokopedia hanya dengan kurang dari 100ribu rupiah.

4.Apabila smartphone anda support atau mempunyai sensor gyroscope, apakah anda ada keterbatasan budget?.

  • Jika memang tidak ada keterbatasan budget anda harus pastikan dulu berapa layar smartphone anda. Soalnya jika layar smartphone anda kurang dari 4inci, anda harus mengubur mimpi anda menikmati virtual reality. Karena hampir semua headset vr terbaik yang mimin ketahui tidak ada kompatibel layarnya yang kurang dari 4inci. Setelah itu anda bisa memilih headset vr terbaik menurut preferensi anda sendiri.
  • Jika smartphone anda memang sudah tidak bisa untuk menikmati virtual reality, apakah anda mempunyai konsol seperti Playstation atau PC khusus Game? Kalau iya anda bisa membeli full VR headset seperti Playstation VR, HTC Vive, maupun Oculus Rift (itupun kalau anda mau mengeluarkan uang sekitar 6-14 jutaan rupiah, kalau tidak ya sudah anda kubur mimpi anda untuk menikmati virtual reality)
  • Jika anda mempunyai keterbatasan budget, anda baca dulu artikel mimin berikut :
  1. Daftar Headset VR dengan Harga Kurang dari 200 Ribuan
  2. Daftar Headset VR dengan Harga Kisaran 200-500 Ribuan
  3. Daftar Headset VR dengan Kisaran Harga 500 Ribu – 1 Juta Rupiah
  4. Daftar Headset VR dengan Harga Lebih dari 1 Juta Rupiah

Nah sebagai bahan pertimbangan, headset vr terbaik dengan harga sekitar 200-500 ribuan menurut mimin dan sampai saat ini menjadi primadona adalah BOBOVR Z4 (350ribuan), FiiT VR 2N (350ribuan), FiiT VR 2S (FiiT VR terbaru 375ribuan), dan Xiaomi Mi Play VR (180ribuan).

Ketika anda sudah mempunyai pilihan untuk membeli headset vr terbaik pilihan anda, anda juga harus pastikan untuk membeli di toko online yang terpercaya ataupun toko offline yang kredibel tentunya. Untuk itu berikut tips yang bisa mimin berikan :

  1. Photo Barang
    Untuk menentukan apakah barang yang di jual ini asli, maka kita bisa mengenali dari photo. Mungkin ada indikasi bahwa ini bukan foto asli, ini adalah editan semata dan yang terakhir bisa jadi ini adalah hasil save pencarian di google. Namun tidak masalah foto produknya asli atau editan yang paling penting barang sesuai dengan foto yang diperlihatkan.
  2. Komunikasi
    Online shop terpercaya biasanya menyediakan fasilitas interaksi 2 arah seperti adanya fasilitas telepon, chatting, BBM, WA, SMS dll atau mau diajak transaksi langsung atau temu muka. Lihat bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan, ini penting mengingat biasanya orang bohong itu sangat terlihat jelas. Kita harus lebih peka merasakan dan menerawang apakah dia seller jujur atau penipu?
  3. Bukti Pengiriman
    Lihat juga berapa jumlah resi yang pernah dia kirim, jika seller yang jujur akan selalu memberikan no resi kepada pelanggan dan memajangnya di internet sebagai bukti pengiriman. Yang bagus lagi adalah bukti barang yang akan di kirim di sertai dengan surat jalan dari travelnya.
  4. Simpan data penjual
    Pastikan bahwa online shop itu memiliki alamat usaha yang jelas (toko), untuk jaga-jaga simpanlah alamatnya. Disamping alamat toko, Kontak bbm, facebook, blog, dan lainnya harus kalian simpan juga. Lihat juga testimoni orang-orang tentang produk dan pelayanan mereka.

Diatas adalah ketika anda ingin membeli secara online, tetapi apabila anda ingin membeli secara offline anda datang saja langsung ke JAKVR di Mall Ciputra Lantai 2 Blok U03, Letjen S.Parman, Tj. Duren Utara, Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Itulah Tips Memilih Headset VR Terbaik menurut mimin. Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa menentukan pilihan headset vr terbaik mana yang akan anda beli. Salam VR Mania