Virtual Reality di Dunia Otomotif

Virtual Reality di Dunia Otomotif

2053
0
SHARE

Industri mobil telah lama berada di garis depan dalam memperkenalkan teknologi baru dan telah sering mengembangkan teknologi baru didalamnya, menempatkan mereka secara cepat ke dalam produksi dengan manfaat keselamatan dan ekologi besar.

Tak terkecuali dengan adanya teknologi AR dan VR. Mereka berusaha mengembangkan pelayanan kepada customer dengan memanfaatkan teknologi ini. Ditunjang dengan banyak perusahaan-perusahaan besar di dunia teknologi seperti Oculus dan Google Daydream selalu berusaha untuk mengembangkan AR dan VR.

Baca >>> Augmented Reality dan Virtual Reality Teknologi Maya dan Realitas
Baca >>> Virtual Reality dan Kegunaannya

Virtual reality berpotensi merevolusi banyak industri mobil.

Meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan

Virtual reality dapat digunakan untuk menciptakan pengalaman yang unik, menarik dan menyenangkan bagi pelanggan. Ini akan menjadi kunci untuk pelanggan membeli produk dan akan membuat mereka datang kembali. Pelanggan yang telah memiliki pengalaman seperti itu juga mungkin untuk berbagi kisah mereka dari mulut ke mulut, atau tentu saja di media sosial.

Showroom Virtual

Pengalaman seperti ini menawarkan pelanggan kesempatan untuk menelusuri showroom seolah-olah mereka benar-benar berdiri di dalamnya, melihat berbagai kendaraan dan juga melakukan test-drive secara virtual dan menjelajahi showroom tanpa adanya gangguan dari customer lain ataupun kebisingan lainnya.

Memaksimalkan potensi penjualan ritel di mal

Industri mobil yang membuka showroom di sebuah mall berpendapat untuk memanfaatkan para pengunjung mall yang notabene volumenya setiap tahun meningkat. Dengan asumsi tersebut mereka berargumen akan banyak orang yang melihat showroom mereka. Nah dengan memanfaatkan teknologi virtual, mereka memanjakan pengunjung dengan pengalaman test-drive secara virtual serta melihat lebih dalam mobil yang akan pengunjung beli.

Lebih menekankan pada keputusan pembelian secara online

Menurut sebuah survei terbaru oleh Autotrader, 88 persen dari pembeli tidak akan membeli mobil kecuali mereka telah melakukan untuk test-drive.Tetapi dengan penggunaan teknologi VR, pelanggan dapat merasakan realistis pengalaman tes mengemudi tanpa perlu mengunjungi showroom, yang menyebabkan peningkatan pembelian online.

VR sangat efektif untuk pelatihan dan pendidikan

Dengan menggunakan teknologi VR, tentunya akan lebih mudah memahami sebuah produk mobil yang ditawarkan. Sehingga edukasi serta pelatihan seorang sales terhadap customer diharapkan berjalan mulus dan menyenangkan.

Baca >>> ANDA INGIN BISA BERBICARA DIMUKA PUBLIK? BERIKUT VR APPS YANG AKAN MEMBANTUMU