Begini Virtual Reality Tour Dapat Meningkatkan Penjualan Property

Begini Virtual Reality Tour Dapat Meningkatkan Penjualan Property

40
0
SHARE
Virtual Reality Tour

Begini Virtual Reality Tour Dapat Meningkatkan Penjualan Property

Sesuai judul artikel kali ini, mimin akan mengungkap bagaimana teknologi virtual reality yang dituangkan kedalam Virtual Reality Tour dapat meningkatkan penjualan suatu barang khususnya yang akan kita bahas kali ini yaitu dalam bidang property/real estate.

Sesuai dengan artikel sebelumnya pada Virtual Reality dan Kegunaannya kita sudah sedikit membahas bahwa teknologi virtual reality dapat digunakan secara luas pada lingkup kehidupan tak terkecuali pada bidang property/real estate.

Mungkin, Virtual Reality Tour pada bidang property/real estate bisa dibilang tidak akan bisa menyamai pengalaman nyata ketika kita pergi secara langsung melihat-lihat suatu apartemen atau hotel. Bahkan, mungkin kita juga berfikir hal tersebut membosankan. Akan tetapi, Virtual Reality Tour amat sangat berguna bagi orang-orang yang mengalami disabilitas ataupun orang-orang yang terkendala dengan waktu ataupun biaya untuk pergi ke suatu tempat. Dengan adanya Virtual Reality Tour anda akan bisa pergi ke suatu tempat tanpa harus pergi kesana. Anda hanya perlu duduk saja dan melihat area/tempat tersebut melalui kacamata virtual.

Nah, untuk artikel kali ini kita akan mengkhususkan pembicaraan kita pada betapa gunanya VR Tour pada bidang bisnis, mempresentasikan suatu rancangan atau sebagainya. Dan hal ini pastinya akan sangat berguna pada marketing suatu property, ataupun museum.

Begini Virtual Reality Tour Dapat Meningkatkan Penjualan Property

Mungkin anda berfikir bahwa membangun sebuah VR Tour itu sulit untuk dilakukan. Untuk itu berikut Lima Langkah sederhana dalam membangun sebuah VR Tour anda sendiri sehingga anda akan melihat betapa mudahnya dalam membuat sebuah VR Tour untuk kepentingan bisnis anda.

Cara Membuat Virtual Reality Tour Untuk Property

Sebelum kita beranjak pada langkah-langkahnya, pertama kali yang harus kita fikirkan ialah tempat atau apartemen atau hotel mana yang akan kita buat ilustrasinya. Berikut langkah-langkah dalam membangun sebuah VR Tour

Virtual Reality Tour
Ilustrasi Tempat Virtual Reality Tour
Langkah 1 : Membuat File Sumber dan Konten Virtual Reality (Minimal 5-7 Foto)

Langkah pertama ini cukup mudah, anda hanya perlu ke tempat yang akan di promosikan dan anda harus mengambil sebuah gambar 360° pada setiap sudut/bagian apartemen/hotel yang akan dipromosikan. Namun yang harus anda perhatikan adalah, pelanggan ingin melihat semua bagian apartemen/hotel yang anda promosikan.

Virtual Reality Tour
Contoh Ruangan untuk digunakan pada Virtual Reality Tour

Setelah semua gambar dari sudut/bagian ruangan dari apartemen/hotel/kondominium yang akan anda promosikan sudah terkumpul, saatnya anda beranjak pada langkah kedua

Langkah 2 : Merencanakan Proyek Virtual Reality

Untuk membuat suasana yang akan kita tampilkan pada virtual reality tidak kehilangan rasa kehadiran kita pada tempat di VR Tour, anda harus memahami sebuah koneksi dari lingkup semua ruangan yang kita promosikan.

Virtual Reality Tour
Skema Aplikasi VR Tour

Berikut Contoh Mindmap

Virtual Reality Tour
Contoh Mindmap

Ketika semua langkah di atas sudah anda siapkan, saatnya untuk memulai pembangunan VR Tour.

Langkah 3 : Pengembangan Virtual Reality

Pada langkah ini, semua foto/gambar 360° yang sudah kita kumpulkan kita serahkan pada developer Unity3D (kalau anda bisa sendiri lebih bagus) untuk setiap foto diwrapping dalam sebuah sphere dan dijadikan satu kesatuan sphere connection. Disinilah efek imersif dari virtual reality yang akan membuat anda merasakan berada pada tempat pada VR Tour.

Virtual Reality Tour
Contoh Gambar yang sudah dibuat sphere
Unity 3D sphere
Virtual Reality Tour
Setiap Gambar Sphere dikoneksikan
Langkah 4 : Navigasi Dalam VR Tour

Langkah ini adalah membuat VR Tour yang telah kita buat tadi berguna atau usable sehingga customer dapat merasakan pengalaman serasa nyata pada VR Tour. Salah satu hal paling penting sehingga kita dapat menggunakan VR Tour ialah adanya tombol navigasi yang memudahkan kita untuk serasa berpindah ke satu ruangan ke ruangan lainnya. Contoh navigasi kali ini adalah tombol yang ada dibawah lantai berikut

Virtual Reality Tour
Salah satu contoh adanya tombol navigasi
Langkah 5 : Membuat “Menu”

Langkah terakhir tentunya juga dibuat untuk mempermudah pengguna VR Tour. Sebenarnya pembuatan “menu” adalah untuk mempermudah navigasi. Bayangkan saja apabila sebuah apartemen atau hotel yang akan kita buat VR Tour memiliki 5-10 lantai. Apabila kita hanya mempunyai tombol navigasi saja, hal tersebut akan semakin memakan waktu pengguna dalam menyelami setiap ruangan/lantai pada apartemen/hotel. Sehingga dengan adanya “menu” ini pengguna akan dengan mudah memilih ruangan yang akan dilihat terlebih dahulu.

Virtual Reality Tour
Contoh Menu Dalam VR Tour

Itulah langkah-langkah yang dilansir dari thinkmobile.com dalam membuat sebuah VR Tour. Cukup mudah bukan??

Selanjutnya ialah bagaimana besaran biaya serta waktu yang kita butuhkan ketika kita membuat sebuah VR Tour

Sebenarnya, biaya dalam pembuatan VR Tour tergantung pada beberapa aspek yaitu

  • Jumlah ruangan/lingkungan pada VR Tour
  • Jumlah interaksi/transisi antar ruangan/lingkungan pada VR Tour
  • Platform yang akan anda gunakan (contoh : Kacamata VR atau Cardboard)

Dan untuk waktu pengerjaannya bisa kita pada tabel berikut ini (semua waktu tergantung dari tingkat kesulitan dan berapa banyak lingkungan yang akan kita buat) contoh pada tabel berikut ini ialah pengerjaan pada Kacamata VR dengan 360 foto panorama dan videonya.

Virtual Reality Tour
Contoh Waktu Pengerjaan suatu proyek VR Tour (sumber : thinkmobile.com)

Untuk lebih detailnya anda bisa bertanya pada kolom komentar

Like Instagram kami : https://www.instagram.com/jakvr/
Like Facebook kami : https://www.facebook.com/Jakvrcom/

Kunjungi Toko Online Kami

Tokopedia Jakvr :
https://www.tokopedia.com/koekmurah/e…

Bukalapak Jakvr :
https://www.bukalapak.com/koekmurah/l…